KOMPETENSI MAHASISWA SARJANA PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENGELOLA ADMINISTRASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • I Made Ardika Yasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Kompetensi Mahasiswa, PG-PAUD, Administrasi Pendidikan

Abstract

Mahasiswa S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) adalah calon generasi penerus Guru PAUD dalam mengelola Administrasi pendidikan Anak Usia Dini. Artikel ini disusun dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi tentang bagaimana eksistensi mahasiswa S1 PG-PAUD dalam perannya mengelola administrasi Pendidikan Anak Usia yang dimana pada dewasa ini sebagian besar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) belum meliliki Administrasi Pendidikan yang sistematis dan akuntabel. Fenomena tersebut mengisyaratkan bahwa dibutuhkan lulusan S1 PG-PAUD yang tidak hanya mampu mengajar anak usia dini secara baik, namun juga memahami dasar manajemen tata kelola Pendidikan Anak Usia dini sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik observasi, dan kajian studi literasi. Hasil penelitian ini menunjukan potensi yang harus digali oleh mahasiswa S1 PG-PAUD agar mampu eksis dalam mengelola Administrasi Pendidikan Anak Usia dini secara efektif dan efisien ialah kemampuan dalam berkomunikasi, berkerja dengan Tim, manajemen waktu, menguasai tekhnik evaluasi pembelajaran, dan merancang administrasi Pendidikan (RPP, Silabus, Kurikulum dan perangkat pembelajaran lainnya) sehingga menjadi pribadi yang Profesional, berintegritas dan tidak hanya bisa memberikan contoh teori saja namun bisa menjadi contoh atau teladan.

References

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76–148.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Balai Pustaka. https://kbbi.web.id/internalisasi
Diding Nurdin, I. S. (2015). Pengelolaan Pendidikan DariTeori menuju implementasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Fahmi Hidayati (2014).Standar Kompetensi Pengelolaan PAUD, diakses pada 27 November 2022:https://www.kompasiana.com/hidayatifahmi/5 4f6f28fa333115b078b4587/standar-kompetensi-pengelolaan-paud
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2018). Character Education in Early Childhood Based on Family. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 1(1), 50–62. https://doi.org/10.23917/ecrj.v1i1.6578
Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (5th Editio). Erlangga.
I Made Ardika Yasa, I. B. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13-22.
Iftitah, S. L. (2020). Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di TK Islamic Center Surabaya. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 23. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9407
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017b). Pedoman Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf
Putri, H., & Putra, P. (2019). Konsep Teori Belajar Konstruktivisme Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. Primearly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, II(2), 192–199. journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/83
Suryana, D. (2019). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Group.
Widya, R., & Munisa. (2019). Metode Penanaman Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini di PAUD Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 58–63. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/715
Yasa, I. M. (2021). Optimalisasi Pengabdian Masyarakat Pada Sekolah PAUD Binaan. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 179-187.
Yasa, I. M. A., & Yudana, I. M. (2023). Strategi Guru Dalam Mengelola Manajemen Pendidikan Berbasis Seni. Widya Sundaram: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 85-104.
Yusuf T, M., Safitri, E. D., Masnah, S., & Ibadiyah, B. (2020). Capaian dan Stimulasi Aspek Perkembangan Agama pada Anak Usia 5 Tahun. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 49–61. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14362
Zulkifli, N. (2019). Dominant Factors Affecting the Development of Religious Values and Morals of Early Childhood in Childhood Early Education. Journal of Education Sciences, 3(2), 184–194. https://doi.org/https://doi.org/10.31258/jes.3.2.p.184-194.
Published
2023-10-24
How to Cite
Yasa, I. M., & Agung, A. A. G. (2023). KOMPETENSI MAHASISWA SARJANA PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENGELOLA ADMINISTRASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(01), 9-18. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/ps.v3i01.813

Most read articles by the same author(s)