Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pengetahuan sosial Pada Anak Usia Dini

  • Fany Depita Maharani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hudaifah Hudaifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tiara Cahyani Nafarin Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: planning

Abstract

Generasi muda adalah masa depan bangsa, oleh karena itu anak perlu bermoral tinggi dalam interaksi sosialnya. Tujuan pembelajaran Pengetahuan Sosial itu untuk meningkatkan pengetahuan, dan kemampuan analisis peserta sekaligus mendidik anak tentang norma norma masyarakat. Peran sekolah sangat penting untuk pengembangan karakter, terutama di usia muda. Agar lebih efektif dalam membangun karakter, sekolah sebagai lembaga formal perlu ditata untuk pelaksanaan pembelajaran pengetahuan sosial konseptual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pendidikan karakter dalam pembelajaran sosial. Penelitian ini menggunakan literature review dengan literature review. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan cara peneliti meneliti beberapa bahan bacaan dari berbagai sumber, serta artikel jurnal, dokumen, dan berbagai bahan pendidikan lainnya yang secara khusus membahas topik yang dibahas dalam artikel ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa dapat diajarkan atau dikembangkan lebih lanjut melalui mata pelajaran pengetahuan sosial. Penerapan pendidikan karakter tentunya melalui fase-fase yang berbeda dalam pembelajaran sosial yang berkesinambungan.

References

Aryaningrum, K. (2017). Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pengetahuan sosial. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.Bandura, A. L. B. E. R. T., & Doll, E. B. (2005). Teori Belajar Sosial. Buku Perkuliahan, 101.

Bilda, W. (2016). Pendidikan karakter terencana melalui pembelajaran matematika. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(1).

Boiliu, E. R. (2022). Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 133-143.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.

Darmadi, H. (2007). Konsep dasar pendidikan moral. Bandung: Alfabeta.

Darmiyati Zuchdi, E. D. (2023). Humanisasi pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. Bumi Aksara.

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67-78.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, No. 1). CV. Alfabeta.

Hadi, S. H. S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227-240.

Hadi, S. H. S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227-240.

Hamzah, N. (2020). Pengembangan sosial anak usia dini. IAIN Pontianak Press.

Kleinschmidt, G. (1994). Lickona, T.(1992): Educating for Character-How our Schools can teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books (478 Seiten)[Rezension]. Praxis der Kinderpsychologie und Kinderpsychiatrie, 43(7), 276-277.

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112.

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186-202.

Marhayani, D. A. (2018). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Pengetahuan Sosial. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan dan Sains, 5(2), 67-75.

Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38.

Mulyono, D. (2012). Menegaskan Karakter Pendidikan Nonformal. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(1).

Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen, Z. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374-383.

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102.

Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pengetahuan Sosial. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(1), 10-14.

Setiawan, M. H. Y. (2016). Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8.

Soetari, E. (2017). Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak untuk Membina Akhlak Islami. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 116-147.

Solihatin, E. (2008). Pembelajaran Kooperatif Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pustaka Widya.

Sukatin, S. P. I., & Al-Faruq, M. S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Deepublish.

Tamaeka, V. (2022). Penanaman Nilai-nilai Toleransi Melalui Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 14(1), 14-22.

Tarsono, T. (2010). Implikasi teori belajar sosial (social learning theory) dari albert bandura dalam bimbingan dan konseling. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 29-36.

Umairoh, U., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Menanamkan Karakter Pancasila pada Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9395-9399.

Wartini, S., & Riyanti, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Karakter Sosial Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 21.

Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1-9.
Published
2023-07-22
How to Cite
Maharani, F. D., Hudaifah, H., & Nafarin, T. C. (2023). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pengetahuan sosial Pada Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 42-51. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i1.1027
Section
Articles