https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/issue/feedKumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini2023-07-23T14:18:56+07:00Ida Bagus Alit arta Wigunagusarta@iahn-gdepudja.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify; color: #006699;"><strong>Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini</strong> is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as applications, with a systematic proposed method, sufficient review on previous works, expanded discussion and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the <strong>Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini</strong> follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription. This Scientific journal published twice a year, the period of July and January. <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210726061452603" target="_blank" rel="noopener">E-ISSN : 2798-8228</a> <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210804200948158" target="_blank" rel="noopener">P-ISSN : 2807-176X</a></p>https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/article/view/948Pengembangan Media Gatuko Berbasis Aplikasi Android Untuk Mengenalkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini2023-07-23T14:12:59+07:00Meriana Wahyu Astutimeriana.wahyu29@gmail.comMallevi Agustin Ningrummalleviningrum@unesa.ac.id<p>Mengembangkan dan mengajarkan perilaku tanggung jawab sejak dini sangat penting yang disesuaikan dengan batas kemampuan anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan keefektifan media Gatuko berbasis aplikasi android untuk mengenalkan sikap tanggung jawab pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wilcoxon match pairs. Hasil penilaian para ahli memperoleh skor 95% dari ahli materi, dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 93,75% sedangkan dari uji coba guru mendapatkan nilai sebesar 100% dan 95.8%. Berdasarkan hasil efektivitas didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,001 sehingga p < 0,05 atau 0,001 < 0,05, karena hasil dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan rata-rata antara pretest dengan posttest yang mengalami kenaikan nilai skornya sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Gatuko berbasis aplikasi android efektif digunakan untuk mengenalkan sikap tanggung jawab mentaati aturan di sekolah pada anak usia 5-6 tahun.</p>2023-07-20T00:34:16+07:00##submission.copyrightStatement##https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/article/view/1066Analisis Bibliometrik: Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Di PAUD2023-07-23T14:12:59+07:00Aida Aqliya Dzakkiyahaidadzaq345@upi.eduIndira Sofy Anggrainiindirasofyanggraini@upi.eduRatna Anjaniratnaanjani@upi.eduSinta Chairanisintachairani29@upi.eduEsya Anesty Mashudiesyaanesty@upi.edu<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis bibliometrik terhadap artikel-artikel yang membahas penerapan model pembelajaran blended learning di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Metode bibliometrik digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola publikasi, penulis yang paling produktif, jurnal yang paling banyak mempublikasikan artikel terkait, serta tren penelitian terkait penerapan blended learning di PAUD. Melalui pengumpulan data dari berbagai sumber, termasuk basis data jurnal ilmiah dan indeks sitasi, artikel-artikel yang relevan dengan topik ini diidentifikasi dan dianalisis. Data bibliometrik yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode deskriptif dan statistik. Hasil analisis bibliometrik ini memberikan wawasan yang penting tentang perkembangan penelitian terkait penerapan blended learning di PAUD. Temuan-temuan ini dapat memberikan landasan untuk penelitian lebih lanjut, membantu pengembangan kebijakan pendidikan, serta memandu praktisi dalam menerapkan model pembelajaran yang efektif di lingkungan PAUD. Penelitian ini juga menyoroti potensi blended learning sebagai pendekatan yang relevan dan efektif dalam konteks PAUD. Analisis bibliometrik ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan anak usia dini dan memperluas pemahaman kita tentang penerapan blended learning di tingkat pendidikan ini.</em></p>2023-07-21T13:58:45+07:00##submission.copyrightStatement##https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/article/view/925Gerakan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Outdoor Learning Activity2023-07-23T14:12:59+07:00Ni Komang Suminikomangsumini@gmail.comIda Ayu Made Yuni Andariayu.yuni.andari@student.undiksha.ac.id<p><em>The implementation of the literacy movement through outdoor learning activities is done in an integrated manner, meaning that these activities can be carried out in the subjects, not fixated on Indonesian literacy or English literacy. Children can recognise letters and numbers while playing outside the classroom, creating an exciting and fun atmosphere. The literacy movement aims to develop students' character and aims to instil a culture of literacy in students to create lifelong learning. The literacy movement has several specific objectives, namely; Firstly, promoting a culture of literacy. Secondly, increasing the capacity of educated citizens and the school environment, and thirdly, making schools a fun and child-friendly learning park for school children to manage knowledge. Finally, the continuity of learning by presenting a variety of textbooks that suit different reading strategies. This study uses a descriptive qualitative approach to the process of implementing GELIS through outdoor learning activities in early childhood at Hooray School Denpasar.</em></p>2023-07-22T18:56:32+07:00##submission.copyrightStatement##https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/article/view/1027Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pengetahuan sosial Pada Anak Usia Dini2023-07-23T14:12:59+07:00Fany Depita Maharanifanydepita21@upi.eduHudaifah Hudaifahhudaifah@upi.eduTiara Cahyani Nafarintiaracahyani8@upi.edu<p>Generasi muda adalah masa depan bangsa, oleh karena itu anak perlu bermoral tinggi dalam interaksi sosialnya. Tujuan pembelajaran Pengetahuan Sosial itu untuk meningkatkan pengetahuan, dan kemampuan analisis peserta sekaligus mendidik anak tentang norma norma masyarakat. Peran sekolah sangat penting untuk pengembangan karakter, terutama di usia muda. Agar lebih efektif dalam membangun karakter, sekolah sebagai lembaga formal perlu ditata untuk pelaksanaan pembelajaran pengetahuan sosial konseptual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pendidikan karakter dalam pembelajaran sosial. Penelitian ini menggunakan literature review dengan literature review. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan cara peneliti meneliti beberapa bahan bacaan dari berbagai sumber, serta artikel jurnal, dokumen, dan berbagai bahan pendidikan lainnya yang secara khusus membahas topik yang dibahas dalam artikel ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa dapat diajarkan atau dikembangkan lebih lanjut melalui mata pelajaran pengetahuan sosial. Penerapan pendidikan karakter tentunya melalui fase-fase yang berbeda dalam pembelajaran sosial yang berkesinambungan.</p>2023-07-22T20:34:50+07:00##submission.copyrightStatement##https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/article/view/835Pengembangan Kognitif Dengan Eksperimen Sederhana Permen Pelangi pada Anak Usia Dini2023-07-23T14:12:59+07:00Nurul Fitasarihaniahambo@gmail.comRizki Mustikasarimustikasaririzki@gmail.com<p>Meningkatkan kualitas pada Pendidikan Anak Usia Dini, Anak menjadi termotivasi belajar apabila guru menjelaskan materi pembelajaran memakai metode atau cara yang menarik dan kreatif. Metode eksperimen adalah salah satu metode yang mempunyai tujuan meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Eksperimen sederhana menggunakan media Permen ChaCha, air dan piring kecil metode eksperimen sederhana di taman kanak-kanak PGRI Sawoo. Hasil dari penelitian ini Efektivitas Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Eksperimen Sederhana 1). Pembelajaran aktif dan menyenangkan 2). Peningkatan daya tangkap dan pemahaman 3). Pengembangan keterampilan motorik 4). Pengenalan konsep ilmiah dasar 5). Stimulasi kreativitas dan imajinasi 6). Penguatan ikatan emosional dan sosial. Kendala kendala yang ditemukan dalam penelitian ini perhatian anak yang belum terlalu fokus dalam waktu yang lama, rasa kaingin tahuan berbeda beda, masih pada tahap pelatihan motorik, Keterbatasan bahasa anak usia dini.</p>2023-07-22T23:23:02+07:00##submission.copyrightStatement##https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/article/view/893Eksperimen Permainan Memancing Ikan Warna Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun2023-07-23T14:12:59+07:00Galuh Dhyah Puspitagaluh.18030@mhs.unesa.ac.idNurul Khotimahnurulkhotimah@unesa.ac.id<p><em>Children aged 4-5 years, kindergarten education is an option to help the child's growth and development process. One of the developments of children aged 4-5 years that needs attention is the development of their sense of sight. Through color recognition, the sensitivity of his sense of sight is honed. In addition, color recognition is an early anticipation of the occurrence of color blindness in children. This study aims to determine the influence of color fish in fishing game as one of the process to improve the cognitive ability of children aged 4-5 years in recognizing colors. The type of research used is quantitative research through the One Group Pre-Test Post-Test Design method. The data collection techniques used are observation and assessment the final result. Observation results from the pre-test and post-test were then calculated using the Wilcoxon Signed Rank test. The result of this study that there is an influence on color fish fishing game on the ability to recognize colors in children aged 4-5 years in Dharma Wanita Persatuan Lampah Kindergarten. Through the Wilcoxon test, it is known that the signification value is 0.000 < 0.05. The post-test showed that 89% of children were in the starting to develop (MB) category and 11% were developing as expected (BSH). Meanwhile, the post-test results show that 100% of children increased into the very well developed category (BSB). Thus, it can be concluded that the color fish of fishing game can be used to improve the ability to recognize colors in children aged 4-5 years in Dharma Wanita Persatuan Lampah Kindergarten, Gresik.</em></p>2023-07-24T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/article/view/851Menumbuhkan Sikap Disiplin Anak Melalui Standar Operasional Prosedur2023-07-23T14:18:56+07:00Lea Sartika Siregarleasartika01@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penyelenggaraan standar operasional prosedur di sekolah Safaraz Islamic Preschool dan melalui standar operasional prosedur mampu menumbuhkan sikap disiplin anak usia dini. Dalam kegiatan observasi peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menemukan hasil bahwasanya sikap disiplin anak akan tumbuh ketika diterapkan sebuah metode pembiasaan sejak anak usia dini. Metode pembiasaan ini bisa disebut sebagai standar operasional prosedur (SOP) yang mana pada standar ini anak diajarkan suatu kebiasaan yang terus menerus diulang sehingga mendapatkan hasil tumbuhnya sikap disiplin yang akan melekat dalam diri anak hingga dewasa. Maka dari itu, melalui hasil penelitian yang di dapatkan peneliti semoga bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan.</p>2023-07-24T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##