Expose Digitalisasi Kependudukan Mudah, Cepat dan Transparan Guna Mendukung Program Unggulan Kabupaten Tangerang

  • Jaka Suwita Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Yusuf Sudiyono Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Winanti Winanti Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Rintis Mardika Sunanto Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Bonar Bangun Jeppri Napitupulu Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Sucipto Basuki Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Shofwatun Hasna Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Nana Supiana Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Raka Kusuma Nugraha Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Sahrul Wahyu Pratama Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Keywords: Expose, Digitalisasi, Kependudukan, Unggulan

Abstract

Masih banyaknya kecamatan di Kabupaten yang masih menggunakan sistem manual cenderung memperlambat proses kerja dan rawan kesalahan terutama resiko terjadinya human error. Tujuan expose adalah digitalisasi kependudukan di kecamatan di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dengan pemaparan secara langsung dan diskusi interaktif. Harapan kegiatan ini tercipta sistem yang terintegrasi, akses yang cepat, ramah pengguna dan tata kelola yang efektif dan akuntabel. Setelah expose ini akan dilakukan dengan perancangan sistem digitalisai kependudukan pada kecamatan di Kabupaten Tangerang untuk mendukung program unggulan

References

Ashari, A., & Sallu, S. (2023). Digitalisasi Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7, 342–351.
Basuki, S., Supiana, N., Maulana, A., & Alexander, I. F. (2023). FOCUS GROUP DISCUSSION RANCANG BANGUN DIGITAL MARKETING PRODUK FURNITURE BERBAHAN DRUM BEKAS PADA. Prosiding PKM-CSR, 6, 1–6.
Basuki, S., Winanti, Goestjahjanti, F. S., Lestari, S., Fayzhall, M., Karyadi, N., Laeli, B., Rahmadani, N. Y., Rosi, M., & Tiara, B. (2022). WORKSHOP PENGUATAN INOVASI UMKM DAN PRODUK UNGGULAN KAMPUNG TEMATIK KABUPATEN TANGERANG. Bangun Rekaprima, 08(2), 135–141.
Fayzhall, M., Winanti, Lestari, S., Basuki, S., Goestjahjanti, F. S., Kariyadi, N., Lael, B., Nugroho, A. P., Mulyani, R., Rahmandani, N. Y., & Aulia, A. R. (2022). PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PRODUK UMKM KAMPUNG TEMATIK DRUM BUJANA, TIGARAKSA, TANGERANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 2(2), 128–135.
Goestjahjanti, F. S., Basuki, S., & Kulla, I. (2024). Sosialisasi dan Edukasi Regulasi Bank Indonesia Dalam Pembayaran Digital dan Perlindungan Konsumen. Proletarian : Community Service Development Journal, 2(2), 75–79.
Goestjahjanti, F. S., Fayzhall, M., Winanti, W., & Basuki, S. (2022). Pemanfaatan Kearifan Lokal sebagai Upaya memajukan Ekonomi melalui Pendampingan Kampung Tematik Drum Bujana Desa Pete, Kecamatan Tigaraksa. Jurnal Abdimas Universitas Insan Pembangunan Indoneisa, 1(1), 8–12. https://doi.org/10.58217/jabdimasunipem.v1i1.5
Kamar, K., Basuki, S., Goestjahjanti, F. S., & Purno, M. (2024). Kegiatan Pengabdikan Kepada Masyarakat 16 Kampung Tematik Sebagai Upaya Memaksimalkan Potensi Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Ekonomi Masyarakat. 2(1), 1–9.
Kumalasari, A., & Swasanti, I. (2024). Digitalisasi pelayanan publik ketidaksiapan masyarakat dalam penggunaan aplikasi identitas kependudukan digital di bojonegoro. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 15, 271–283.
Lestari, S., Winanti, Fayzhall, M., Goestjahjanti, F. S., Basuki, S., Kariyadi, N., Lael, B., Nugroho, A. P., Tiara, B., Mulyani, R., Rahmandani, N. Y., & Aulia, A. R. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana untuk Para Pelaku. Abdimas Unipem, 1(1), 1–7.
Nafisatin, L. I., Azhad, M. N., & Setianingsih, W. E. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KOMITMEN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ), 8(2), 180–195.
Prasetyawati, O. F., Suwita, J., Winanti, & Suseno, B. (2024). Sistem Informasi Pelayanan dan Pencatatan Sipil Di Loket Konsultasi Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil XYZ Berbasis WEB. JOCE, 18(2), 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13
Sudiyono, R. N., Winanti, W., Isnaini, S. W., Riyanto, R., Tiara, B., Octarina, T., Jainuri, J., Purwaningrum, D., Maesaroh, S., Radita, F. R., Yulia, Y., Agistiaati, E., Olin, M. N., Fahrezi, G., Saputra, A., Sukriyah, S., Sari, L., & Pamungkas, P. D. (2024). Sosialisasi dan Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha ( NIB ) melalui Aplikasi Web OSS Untuk Para Pelaku. Proletarian : Community Service Development Journal, 2(2), 69–74.
Supiana, N., Maqin, S., Hasna, S., & Karyadi, N. (2023). Implementasi Aplikasi Wisata Kabupaten Tangerang ( Appatar ) sebagai Media Promosi Pariwisata di Kabupaten Tangerang. Abdimas PHP, 6(3), 835–843.
Winanti, W., Basuki, S., Supiana, N., Wiyono, N., Sukriyah, & Jainuri. (2024). Pembuatan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Promosi Penjualan Produk Furniture Drum Bujana Tangerang. Jurnal Abdimas PHP, 7(1), 211–217.
Winanti, W., Goestjahjanti, F. S., Himmy’azz, I. K., Kumoro, D. F. C., Letari, S., Purno, M., & Nurasiah. (2023). Diskusi publik peran pemuda dalam digitalisasi ekonomi guna mencetak generasi berjiwa entrepeneur di kabupaten tangerang. Bangun Rekaprima, 09(2), 202–208.
Winanti, W., Nurasiah, N., Supiana, N., Makin, S., Goestjahjanti, F. S., Kumoro, D. F. C., Abadiyah, S., Chaeroni, N., & Hermawan, A. B. (2024). Expose comparative study of tourism digitalization planning as city grand design: A case study of tourism in Tangerang Indonesia. The 1st International Conference on Control, Optimization and Mathematical Engineering 2021 (ICOCOME, October, 1–8.
Published
2025-05-23
How to Cite
Suwita, J., Sudiyono, Y., Winanti, W., Sunanto, R., Napitupulu, B., Basuki, S., Hasna, S., Supiana, N., Nugraha, R., & Pratama, S. (2025). Expose Digitalisasi Kependudukan Mudah, Cepat dan Transparan Guna Mendukung Program Unggulan Kabupaten Tangerang. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 31-40. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/sjpkm.v4i2.2449
Section
Articles