OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN UMKM DI ERA INDUSTRI 5.0

  • I Nyoman Dhani Satyadinatha LPMPP Universitas Mataram
  • Komang Widya Purnama Yasa Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Kata Kunci: Digital Marketing, Digital Strategi Komunikasi, Pemasaran UMKM

Abstrak

Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Strategi
Komunikasi Dalam Pemasaran UMKM di Era Industri 5.0
akan memberikan wawasan mengenai hal-hal yang harus
dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk lebih
memanfaatkan media digital. Metode penelitan menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer
diperoleh dari Konsumen UMKM Es Teh Nusantara dan
aktifitas Website dan Media Sosialnya. Lokasi penelitian ini
berada di Kota Mataram terkhusus hanya pada UMKM Es Teh
Nusantara. Penelitian ini membahas mengenai Digital
Marketing dan Perannya Dalam Pemasaran UMKM,
Transformasi Industri 5.0 dan Dampaknya Terhadap Strategi
Pemasaran UMKM, dan Optimalisasi Digital Marketing
Sebagai Strategi Komunikasi Dalam Pemasaran UMKM. Data
yang diperoleh dari bersumber pada 10 Outlet UMKM Es Teh
Nusantara. Pentingnya hal ini dibahas agar mampu memberikan pandangan kepada para pelaku UMKM di era
industry 5.0 mengenai pemanfaatan digital marketing sebagai
strategi komunikasi yang mampu membuat peningkatan
penjualan yang signifikan dengan biaya cost rendah, namun
perlu juga adanya kolaborasi terhadap pihak-pihak terkait
yang kreatif dibidang promosi guna meningkatkan daya tarik
produk ke konsumen.

Referensi

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.
Ambarwati. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (1st ed.). Al Qalam Media Lestari.
Bonarja, P. (2020). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Yayasan Kita Menulis.
Cangara, H. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi (Revisi). Rajawali Pers, Jakarta.
Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Untuk UMKM. Journal Neo-Bis, 8(2), 176–189.
David, F. R. (2016). Manajemen Strategic : Suatu Pendekatan dan Keunggulan Bersaing (15th ed.). Salemba Empat.
Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 46–51.
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61–76.
Himawan, A. F. I. (2019). Digital Marketing: Peningkatan Kapasitas Dan Brand Awareness Usaha Kecil Menengah. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 17(22), 85–101.
Husein, U. (2000). Riset Pemasaran Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.
Kurniawan, A. D. (2024). Teori Komunikasi Pembelajaran (Ari Yanto (ed.); Pertama). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Pertiwi, A., & Jusnita, R. A. E., Maela, N. F. S. (2019). Ramadan dan Promosional: Strategi Komunikasi Pemasaran PT Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v3i1.1699
Putri, A. P., & Dkk. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 828–839.
Sarbini. (2017). Berpikir Kreatif Dalam Digital Marketing. Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik – Sistem, 13(2), 39–47.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.
Vincentius, K., & A. Sahabuddin, Z., S. J. K. Hutasoit, P. (2022). Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. JURNAL CAFETARIA, 3(1), 24–35. https://doi.org/https://doi.org/10.51742/akuntansi.v3i1.492
Yasa, I. K. W. P. (2023). Manajemen UMKM Dan Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Katik Sate Dan Canang Di Banjar Karya Sidhadharma. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 180–190. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i2.1255
Yusmalina, Y, & Tegor, T., Haqiqi, F., Rosady, R. E., Azura, N. (2021). Comparative Analysis of Strategi Traditional Market and Modern Markets of Consumer Valuation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(11), 18–25.
Diterbitkan
2024-04-18
Bagian
Articles