DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST PADA PRODUK IPHONE DI KOTA MATARAM
Abstrak
Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh citra merek dan kepercayaan. Pengaruh secara bersamaan dari citra merek dan kepercayaan merek terhadap pembelian produk iPhone di Kota Mataram diteliti dalam penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan pengamatan, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik accidental sampling menggunakan kriteria tertentu dalam pengambilan sampel dengan perhitungan rumus Lemeshow berjumlah 96 responden. Metode analisis yang digunakan dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu brand image tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan t hitung kecil dari t tabel yaitu 1,759 < 1,985 dan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,082. Brand trust berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,465 > 1,985 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Brand image dan brand trust secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 49,219 > 3,09 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Uji koefisien determinasi yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu sebesar 0,504 atau 50,4%. Ini artinya citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh sebesar 50,4% terhadap keputusan pembelian. Maka disimpulkan citra mrek tidak memiliki pengaruh, karena ada faktor lain yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian yaitu kepercayaan merek.
Referensi
Herawati, & Khoirotunnisa. (2022). Gaya hidup dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone merek iphone di kabupaten bungo. Jurnal Manajemen Sains, 2, 126–135.
Irbad, Y. M., Wahono, B., & Sholehuddin, S. (2023). Pengaruh Product Quality, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi kasus Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 1–6.
Kotler, P. (2002a). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 1. PT Prenhallindo.
Kotler, P. (2002b). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 2. PT Prenhallindo.
Kusumaningrum, R. A. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone Oppo (Studi pada Mahasiswa UMS Surakarta). Skripsi, 1–16.
Madaniyah, J. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Kepercayan Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Online Handphone Iphone Di Surabaya. Journal of Engineering Research, 1–22.
Mangkunegara, D. A. A. A. P. (2002). PERILAKU KONSUMEN. PT. Refika Aditama.
Nasional, M. O. (2023). Kelebihan dan Kekurangan iPhone Dibanding Android. 26 September 2023.
Parameswari, I. G. A. D., Sugianingrat, I. A. P. W., & Wulandari, N. L. A. A. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis, Brand Image, Dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Merek Samsung Di Kota Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(5), 1–13. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/3747
Praditya, W. F. (2022). Pengaruh Brand Image Harga Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. 1–15. http://eprints.ums.ac.id/97110/
Rambing, G. O., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2023). Analisis Brand Image , Brand Trust Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Emba, 11(3), 1–11.
Top Brand Award. (n.d.). Komparasi Brand Index. https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=10&id_subkategori=166&tahun_awal=2023&tahun_akhir=2024&brand1=iPhone&brand2=Oppo&brand3=Samsung&brand4=Vivo&brand5=Xiaomi
Wardhana, A. (2022). Brand Image dan Brand Awareness (Issue January). ResearchGate.
Yurizal, M. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko RSM CELL. 1–16.