PERAN MEDIA ONLINE FIRSTLOMBOKTOUR.COM DALAM MEMASARKAN PARIWISATA BUDAYA DI PULAU LOMBOK

  • I Ketut Putu Suardana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: Media Online, Komunikasi, Pemasaran, Pariwisata Budaya, Pulau Lombok

Abstract

Media online menjadi sarana komunikasi yang paling digandrungi masyarakat di era internet. Media online bukan hanya sebagai sarana komunikasi biasa tetapi juga digunakan dalam memasarkan pariwisata budaya di Pulau Lombok, salah satunya yang dilakukan oleh media Firstlomboktour.com. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengungkap peran media Firstlomboktour.com dalam memasarkan pariwisata budaya di Pulau Lombok. Rumusan masalah penelitian ini yaitu "Bagaimana peran media Firstlomboktour.com dalam memasarkan pariwisata budaya di Pulau Lombok?". Penelitian ini dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif berdasarkan data yang diperoleh dengan teknik dokumentasi atas teks isi pesan media online Firstlomboktour.com. Hasil penelitian menunjukan bahwa media online Firstlomboktour.com berperan dalam memasarkan pariwisata budaya di Pulau Lombok. Peran media online Firstlomboktour.com dalam memasarkan pariwisata budaya di Pulau Lombok dilakukan dalam bentuk pemberitaan khusus memuat daya tarik wisata budaya di Pulau Lombok. Selain itu, media online khususnya Firstlomboktour.com menjadi media testimoni pengalaman perjalanan wisata budaya bagi para wisatawan. Berdasarkan temuan tersebut maka peran media online Firstlomboktour.com bagi industri pariwisata budaya sangat besar manfaatnya. Oleh karena itu, maka diharapkan seluruh pengguna media online untuk terus memanfaatkan media online secara optimal untuk memasarkan pariwisata budaya secara berkelanjutan.

References

Artana, I. M., & Suardana, I. K. (2022, 7). Representasi Pemberitaan Kompas.Com Tentang Destinasi Wisata Mandalika. Communicare, 3(1), 31-40. doi:https://doi.org/10.55115/communicare.v3i1.2136
Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. (2022, September 26). Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Retrieved September 29, 2022, from NTB Satu Data: https://data.ntbprov.go.id/dataset/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-provinsi-nusa-tenggara-barat-ntb
First Lombok Tour. (2019, Januari 31). Informasi Yang Unik dan Menarik Tentang Desa Sade Lombok. Retrieved September 2022, from Firstlomboktour.com: https://firstlomboktour.com/wisata-desa/desa-sade-lombok
First Lombok Tour. (2020, Agustus 28). Desa Banyumulek, Sentra Kerajinan Gerabah di Lombok. Retrieved September 2022, from Firstlomboktour.com: https://firstlomboktour.com/wisata-desa/desa-banyumulek
First Lombok Tour. (2020). Destinasi Terbaik. Retrieved September 2022, from Firstlomboktour.com: Firstlomboktour.com
First Lombok Tour. (2020). Mengapa FirstLombokTour.com? Retrieved September 2022, from Firstlomboktour.com: https://firstlomboktour.com/about
First Lombok Tour. (2020). Tentang Kami. Retrieved from Firstlomboktour.com: https://firstlomboktour.com/about
First Lombok Tour. (2022, Agustus 22). Melihat Lebih Dekat Sejarah Pura Suranadi Lombok. Retrieved September 2022, from Firstlomboktour.com: https://firstlomboktour.com/wisata-sejarah/pura-suranadi-lombok
Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ri’aeni, I. (2015, April). Penggunaan New M edia dalam Prom osi Pariwisata Daerah Situs Cagar Budaya di Indonesia. Jumal Komunikasi, 9(2), 187-197.
Suardana, I. K., & Widaswara, R. Y. (2021, 4 26). Penetrasi Jurnalisme Pasraman di Media Sosial Pada Era Digital. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 5(1), 1-11. doi:https://doi.org/10.55115/duta.v5i1.1244
Published
2022-10-01
Section
Articles