PENGARUH BLOG, YOUTUBE, DAN FACEBOOK TERHADAP PEMAHAMAN POKOK AJARAN HINDU MAHASISWA STAH NEGERI GDE PUDJA MATARAM

  • Putu Ari Satya Laksana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Wayan Ardhi Wirawan Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Susilo Edi Purwanto Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: Online Media; Hinduism; IAHN Gde Pudja Mataram

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of Blogs, Youtube, and Facebook on the basic understanding of Hinduism Teachings for college students of the Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, directly and indirectly through information satisfaction. The uses and effect mass communication theory was used to support the discussion in this study, which is a synthesis of the uses and gratifications theory and the traditional theory of effects. The population used in this study was 318 students and the sample used was 80 students. The data collection techniques were carried out by questionnaires and observations. The data analysis method used in this study is path analysis using SPSS program. The results showed that youtube and facebook effect the basic understanding of Hinduism teachings directly and indirectly through information satisfaction. While blogs do not affect the basic understanding of Hinduism teachings directly and indirectly through information satisfaction. The value of the total determination coefficient (R-square) obtained from this study is 0.951. This means that Blogs, Youtube, and Facebook effect on the basic understanding of Hinduism teachings by 95.1%, while the remaining 4.9% is influenced by other variables that is not included in this study

References

Arikunto, Suharsimi.2002.Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi V Cetakan ke-12. Asdi Mahasatya: Jakarta.
.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.
Azhari, Akyas.1996.Psikologi Pendidikan.Semarang: Dina Utama.
Basuki Wibawa dan Farida Mukti.1991.Media Pengajaran.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Cangara, H. Hafied.2010.Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta:Rajawali Pers.
Daryanto.2014.Teori Komunikasi.Malang: Gunung Samudera.
Effendy, Onong Uchjana.1989.Kamus Komunikasi.Bandung: Citra Aditya Bakti.
.2003.Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi.Bandung: Citra Aditya Bakti.
Ferdinand, Augusty.2002.Structur Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor,Semarang: Badan Penerbit Undip.
Ghazali, Imam.2001.Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Heinich, D.Russell, Molenda., dan E Smaldino.2005.Instruction Technology and Media For Learning. New Jersey, Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.
I Gusti Made Ngurah, I Gede Sura, I Gede Bajrayasa, Indra Sukarno, I Wayan Mirta Astawa, Sujailanto.1999.Buku Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi. Surabaya: Paramita.
Jahja, Yudrik.2011. Psikologi Perkembangan Cetakan ke-1.Jakarta: Prenadamedia Group.
M.Romli, Asep Syamsul.2012.Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online, Cetakan ke I.Bandung: Nuansa Cendekia.
.2014.Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online, Cetakan ke II.Bandung: Nuansa Cendekia.
Mufid, Muhamad.2010.Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, Cetakan ke-3. Jakarta:Kencana.
McQuail, Denis.1991.Teori Komunikasi Massa. Erlangga: Jakarta.
Nurdin, Syafruddin.2003.Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum.Jakarta: Ciputat Press.
Nurkancana, Wayan.2011.Pokok-Pokok Ajaran Agama Hindu, Cetakan ke-3.Denpasar: Pustaka Manikgeni.
Poerwadarminta, W.J.S.1976.Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta: PN Balai Pustaka.
Pratikno, Riyono. 1987. Berbagai Aspek Ilmu Komunikasi. Bandung : CV. Remaja Karya.
Rakhmat, Jalaluddin.2001.Metode Penelitian Komunikasi.Bandung: Remaja Karya.
Riduwan, Adun Rusyana, Enas.2013.Cara Mudah Belajar SPSS Versi 17.0, Cetakan ke 3.Bandung : Alfabeta.
Riyana, Cheppy.2007.Pedoman Pengembangan Media Video.Jakarta: P3AI UPI.
Romli, Asep S.M.2014.Jurnalistik Online.Bandung:Nuansa Cendekia.
Santoso, Sastropoetro. 1998. Partisipasi, Komunikasi Dan Persuasi Dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alumni.
Sarwono, Jonathan.2012.Path Analisis: Teori Aplikasi, Prosedur Analisis, Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi Menggunakan SPSS.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sendjaja, S. Djuarsa.1999.Teori Komunikasi.Jakarta: Universitas Jakarta.
Sekaran, U.1992.Research Methods For Bussiness: A Skill-Building Approach.Second Edition, Singapura : John Wiley dan Sons Inc.
Sendjaja, Djuarsa.2004.Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Siahaan, S.M. 1991.Komunikasi Pemahaman dan Penerapannya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Sudijono, Anas.2005.Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Paja Grafindo Persada
Solimun.2002.Multivariate Analysis: Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel dan Amos. Malang: Penerbit Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.
Sudarsono, A. Boediman. Jurnalisme Online.Tangerang: Pustaka Mandiri.
Sudijono,Anas.1996.Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana.1989.Metode Statistika. Tarsito: Bandung.
Sugiyono.2005.Metode Penelitian Bisnis Cetakan ke-8. Alfabeta: Bandung.
.2012.(a).Metode Penelitian Bisnis Cetakan ke-16. Alfabeta: Bandung.
.2012.(b).Statistika Untuk Penelitian Cetakan ke-21. Alfabeta: Bandung.
.2013.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method) Cetakan ke-3. Alfabeta: Bandung.
Susanto, Astrid S.1980.Komunikasi Dalam Teori dan Praktek.Jilid 2.Bandung: Bina Cipta.
.1980.Komunikasi Massa.Jakarta: Bina Cipta.
Tjiptono, F. dan Chandra, G.2011.Service, Quality dan Satisfaction.Yogyakarta: Andi.
Widjaja, A.W.2000.Ilmu Komunikasi Pengantar Studi.Jakarta: Rineka Cipta.
WS. Winkel.1996.Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Cetakan ke-4.Jakarta: PT.Gramedia.
Zain, Badudu.1996.Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Abraham, Firda.2014.Pemanfaatan Media Online Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat. Volume:18.Hal: 171-184.Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan. diakses tanggal 12 Februari 2018 pukul 10.24 Wita.
Ardian, Michael.2013.Sikap Masyarakat Surabaya Terhadap Program Acara Pesbukers di ANTV.Volume:1.Hal:1-11.Jurnal E-Komunikasi. diakses tanggal 16 Desember 2017 pukul 12.03 Wita.
Candace W., Antoaneta V., Gina S.2010.Internal Communication, Information Satisfaction And Sense Of Community: The Effect Of Personal Influence. Jurnal University Of Tennessee.
Eribka Ruthellia David, Mariam Sondakh, Stefi Haritama.(2017).Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi.Volume VI. Hal 1-18. E-Journal Acta Diurna.diakses tanggal 22 Februari 2018 pukul 09.15 Wita.
Fakoniko, M. Christyfera.2016.Kepuasan Followers Akun Infia_Fact dalam Mendapatkan Informasi Pada Akun Infia_Fact di Instagram.Volume IV. Hal 1-10.Jurnal E-Komunikasi. diakses tanggal 30 April 2018 pukul 14.15 Wita.
Fatty Faiqah, Muh.Nadjib, Andi Subhan Amir.2016.Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Volume:5. Hal 259-272.Jurnal Komunikasi KAREBA. diakses tanggal 22 Februari 2018 pukul 9.15 Wita.
Handayani, Tutut.2011.Membangun Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas dalam Proses Belajar Mengajar.Volume:16.Hal:273-302. diakses tanggal 16 Desember 2017 pukul 11.33 Wita.
Henni Nur Farida dan Dian Novita.2014.Uji Coba Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Media Pembelajaran Blog “Guided-Chembond” Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Siswa Kelas X.Volume: 3.Hal:222-230.Journal Of Chemical Education.diakses tanggal 28 Februari 2018 pada pukul 15.43 Wita.
Hoga Saragih dan T. Husain.2012. Pengaruh Fitur-Fitur Blog Terhadap Continuance Intention To Visit Blogs Pada Toko Online Multiply.Vol: 1 No.1.Hal:5-18. Journal Of Computer & Information. Diakses tanggal 4 Juli 2018 pada pukul 21.00 Wita.
Iskandar, Abubakar, Gina, Wibowo, Cahyono.2014. Pengaruh Transformasi Sistem E-Learning terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Wikrama di Kota Bogor.Volume:12.Hal:1-49.Jurnal Komunikasi Pembangunan. diakses tanggal 16 Desember 2017 pukul 11.13 Wita.
Kadir, Latifa.2014.Motif Remaja Terhadap Penggunaan Situs Jejaring Facebook (Siswa SMK Negeri 7 Samarinda).Vol:2 No.4.Hal:53-63.E-Jurnal Ilmu Komunikasi. diakses tanggal 4 Juli 2018 pukul 21.24 Wita.
Mansur Aliyu, Murni Mahmud, dan Abu Osman Md Tap.2012.Eksploring Islamic Website Features That Influence User Satisfaction: A Conceptual Model.Hal: 656-661.Procedia-Social and Behavioral Sciences. International Islamic University Malaysia. Diakses tanggal 2 April 2018 pukul 10.00 Wita.
Mellyaningsih, Adinda.2016.Motif Subscriber Menonton Channel Youtube Raditya Dika. Vol: 4 No.1.Hal: 1-12.Jurnal E-Komunikasi. diakses tanggal 4 Juli 2018 pukul 21.40 Wita.
M. Ridha S. Damanik dan Ali Nurman.2016.Pemanfaatan Blog Pada Mata Kuliah Sistem Informasi Geografi Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.Volume: 8. Hal: 1-13.Jurnal Geografi.diakses tanggal 28 Februari 2018 pukul 15.43 Wita.
Novianto, Iik.2013.Perilaku Penggunaan Internet Di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Penggunaan Internet Dikalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (FISIP UNAIR) Dengan Perguruan Tinggi Swasta (FISIP UPN) Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasinya).Volume: 2 Nomor 1.Hal 1-40.Jurnal Universitas Airlangga. diakses tanggal 6 Juli 2018 pukul 19.56 Wita.
Prisgunanto, Ilham.2015. Pengaruh Sosial Media Terhadap Tingkat Kepercayaan Bergaul Siswa.Volume:19.Hal:101-112.Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. diakses tanggal 16 Desember 2017 pukul 10.00 Wita.
Ready, Algu.2016.Penggunaan Media Online Sebagai Sumber Informasi Akademik Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.Vol.3.Hal:1-16. JOM FISIP. diakses tanggal 12 Februari 2018 pukul 10.58 Wita.
Rianawaty, Ida.2014.Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Produktif Terintegrasi dengan Blog dan Facebook terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP.Volume: 1 Nomor 2.Hal:190-198.Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. diakses tanggal 28 Februari 2018 pukul 15.41 Wita.
Setiawan, Rudy.2013.Kekuatan New Media Dalam Membentuk Budaya Populer di Indonesia (Studi Tentang Menjadi Artis Dadakan Dalam Mengunggah Video Musik di Youtube). Volume:1. Hal: 355-374. E-Jurnal Ilmu Komunikasi. diakses tanggal 12 Februari 2018 pukul 14.17 Wita.
Siswa R., Muhammad.2015.Penggunaan Youtube Sebagai Electronic Public Relation Untuk Meningkatkan Citra Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.Volume:3. Hal:15-29.E-Jurnal Ilmu Komunikasi.diakses tanggal 22 Februari 2018 pukul 12.07 Wita.
Soetikno, Robby.2013. Efektifitas Pesan Iklan Telkomsel “Kartu As Wow Gratis 100x Lipat” terhadap Customer Telkomsel di Surabaya.Volume:1.Hal:167-176.Jurnal E-Komunikasi. diakses tanggal 16 Desember 2017 pukul 12.33 Wita.
Susanti, Rini.2007.Fungsi Teori Dalam Penelitian Kuantitatif.Volume XI.Hal: 172-194.Jurnal Teknodik. Diakses tanggal 30 April 2018 pukul 13.47 Wita
Published
2022-11-26
How to Cite
Laksana, P. A., Wirawan, I. W., & Purwanto, S. (2022). PENGARUH BLOG, YOUTUBE, DAN FACEBOOK TERHADAP PEMAHAMAN POKOK AJARAN HINDU MAHASISWA STAH NEGERI GDE PUDJA MATARAM. Widya Sandhi, 13(2), 127-146. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/ws.v13i2.794
Section
Articles