Manajemen UMKM Dan Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Usaha Katik Sate Dan Canang Di Banjar Karya Sidhadharma
Abstract
Community service provides guidance and counseling and helps improve the expertise and skills of human resources so that they can advance in national development growth accompanied by the development of information technology at this time to increase community economic growth. Banjar Karya Sidha Dharma, Karang Pangsor Hamlet, West Pemenang Village, Pemenang District, North Lombok Regency has a business opportunity in producing katik sate as a creative economy based on village resources. Knowledge in fostering financial management of Micro, Small, and Medium Enterprises, as well as marketing communication strategies, aims to make these businesses have sustainable progress in increasing economic power and people's welfare
References
Arianto, B. 2020. “Peran Buzzer Media Sosial Dalam Memperkuat Ekosistem Pemasaran Digital.” Jurnal Optimum UAD, 10(1):51–65.
Aristawidia, I. B. 2018. “Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital.” Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA) 1(2):1–13.
Aryawati, N. P. A, Dkk. 2022. Manajemen Umkm Dan Koperasi. Tahta Media Group.
Aryawati, N. P. A. 2020. “Resiliensi Bisnis Pada Umkm Di Era Normal Baru Sebagai Upaya Kemandirian Ekonomi : Menyemai Benih Dharma Perspektif Multidisiplin.” Pp. 47–55 in. Takalar: Yayasan Ahmar Cendiki Indonesia.
Bi dan Lppi. 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Jakarta: Bank Indonesia.
Brodjonegoro, S. S., & Virginia, A. 2017. “Menjalin Interaksi Dengan Konsumen Melalui Facebook: Analisis Terhadap Tiga Brand Perangkat Elekronik Laptop.” Jurnal Komunikasi Indonesia 129–36.
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. 2021. “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing.” Jurnal Ilmiah Manajemen 12(1):17–22.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (JMD) 1(2):61–76.
Kuswiratmo, Aji, Bonifasius. 2016. Memulai Usaha Itu Gampang!: Langkah-Langkah Hukum Mendirikan Badan Usaha Hingga Mengelolannya. Jakarta: Visimedia.
Maddinsyah, A., Kustini, E., & Syakhrial, S. 2018. “Penyuluhan Manajemen Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Kampung Ciboleger Lebak-Banten.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 1(1):71–80.
Mursid. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Priadi, A., Pasaribu, V. L. D., Virby, S., Sairin, S., & Wardani, W. G. 2020. “Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa Dikelurahan Rempoa.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(3):356–368.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, Bandung.
Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Andi Offset.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.