Peran Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini

  • Nyoman Asti Ariyanti Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Made Linda Dewi Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Nyoman Pujiani Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ida Bagus Alit Arta Wiguna Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram https://orcid.org/0000-0003-0930-2606

Abstract

Pendidikan yaitu bagian utama manusia untuk memperbaiki sesuatu yang tidak baik menjadi sesuatu yang baik. Pendidikan nilai agama dan moral adalah bagian dari aspek perkembangan anak usia dini yang kerap ditinggalkan. Dalam pendidikan moral dan agama yaitu salah satu bagian dari peningkatan diri anak usia dini yang dijalankan sejak masa golden age. Tujuan dari penelitian ini guna untuk memahami strategi pendidik dalam menumbuhkan nilai agama dan moral pada anak usia dini. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. adapun subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu 2 orang pendidik kelas dan 2 orang pendidik pendamping. Hasil penelitian membuktikan strategi yang digunakan pendidik di TKN Pembina Ampenan dalam menumbuhkan nilai moral dan agama dilakukan dengan menjadikan kebiasaan yang dalam kegiatanya meliputi mengucapkan salam setiap harinya serta bersalaman, bermain dengan saling menghormati antar sesama, kegiatan berdoa dan membaca doa dengan agama dan kepercayaan yang dianut anak, kegiatan makan dan cuci tangan Bersama, berdoa sebelum dan sesudah belajar, dan mengenal seluruh ciptaan Tuhan dengan teman-teman

Author Biography

Ni Nyoman Pujiani, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Education is the main human part to improve something that is not good to be something good. Religious and moral values education is part of the aspects of early childhood development that are often neglected. Religious and moral education is one part of early childhood self-development that has been carried out since the golden age. The purpose of this study is to understand educator strategies in cultivating religious and moral values in early childhood. This study applies a descriptive qualitative research type. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation. As for the research subjects in this study, namely 2 class teachers and 2 assistants. The results of the study prove that the strategy used by educators at TKN Pembina Ampenan in cultivating moral and religious values is carried out by making habits which in their activities include saying greetings every day and shaking hands, playing with mutual respect among others, praying and reading prayers with the religion and beliefs adhered to. children, eating and washing hands together, praying before and after studying, and getting to know all of God's creation with friends.

Published
2023-09-30