MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS FLIPPED CLASSROOM DALAM PENGAJARAN ENGLISH GRAMMAR

  • I Putu Edi Sutrisna STAHN Mpu Kuturan Singaraja
Kata Kunci: Flipped classroom, tata bahasa Inggris

Abstrak

Permasalahan pembelajaran English grammar pada negara-negara yang termasuk EFL telah mendorong munculnya berbagai macam model pengajaran inovatif. Salah satunya adalah model pembelajaran inovatif berbasis Flipped Classroom. Melalui kajian literatur, artikel ini telah menemukan bahwa model pembelajaran ini menekankan konten pengajaran dan kegiatan pembelajaran disediakan secara online kepada siswa terlebih dahulu sehingga mereka mendapatkan akses dan membaca materi mengenai struktur bahasa Inggris sebelum menghadiri kelas. Oleh karena itu, ketika mereka menghadiri kelas yang sebenarnya, mereka sepenuhnya familiar dengan materi pelajaran mengenai struktur bahasa yang akan disampaikan. Selain itu, ditemukan pula bahwa dari kajian empriris dari beberapa peneliti disimpulkan bahwa memang benar Flipped Classroom tebukti secara efektif untuk dalam pembelajaran English grammar pada tingkat sekolah dasar, tingkat menengah, maupun tingkat pendidikan tinggi yang mana model ini mampu memotivasi siswa dalam belajar mandiri serta lebih bermakna melalui bantuan media teknologi informasi. Melihat efektivitas Flipped Classrooms pada pengajaran tata bahasa Inggris pada negara EFL, dapat disimpulkan bahwa metode ini dapat diasumsikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif dan berguna dalam pengajaran tata bahasa Inggris.

Referensi

Al-Harbi, S. S., & Alshumaimeri, Y. A. (2016). The Flipped Classroom Impact in Grammar Class on EFL Saudi Secondary School Students' Performances and Attitudes. English Language Teaching, 9(10), 60-80.
Al-Naabi, I. S. (2020). Is It Worth Flipping? The Impact of Flipped Classroom on EFL Students' Grammar. English Language Teaching, 13(6), 64-75.
Alzaytuniya, S. H. (2016). The effectiveness of using flipped classroom on tenth graders' grammar learning and motivation for english.
Anh, D. K. (2013). The Current State of the Art in the Teaching of Grammar At Vietnamese High Schools. Language in India, 13(3).
Chen, Y., Wang, Y., & Chen, N. S. (2014). Is FLIP enough? Or should we use the FLIPPED model instead?. Computers & Education, 79, 16-27.
Johnson, G. B. (2013). Student perceptions of the flipped classroom (Doctoral dissertation, University of British Columbia).
Krashen, S. (2013). Second Language Acquisition; Theory, Aplications, and Some Conjectures. Cambridge University Press: Mexico.
Lin, G. (2009). Higher Education Research Methodology-Literature Method. International Education Studies, 2(4), 179-181.
Mahboob, T & Rahman, M. (2016). Effective Ways of Teaching Grammar in Second Language Classroom. 1. 82-91.
Mandasari, B., & Wahyudin, A. Y. (2021). Flipped Classroom Learning Model: Implementation and Its Impact on EFL Learners’ Satisfaction on Grammar Class. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 8(1), 150-158.
Prasetya, S. P. (2016). Pengaruh karakteristik siswa terhadap hasil belajar. In Seminar Nasional Bimbingan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 178-187).
Rossiter, A. (2021). The Importance of Grammar. Online Submission.
Shih, H. C. J., & Huang, S. H. C. (2018). The development of EFL learners’ metacognition in a flipped classroom. In Proceedings of the 8th Centre for Language Studies International Conference (pp. 263-279).
Stauffer, B. (2018). How to Flip a Classroom in CTE: 6 Best Practices.
Su Ping, R. L., Verezub, E., Adi Badiozaman, I. F. B., & Chen, W. S. (2020). Tracing EFL students’ flipped classroom journey in a writing class: Lessons from Malaysia. Innovations in Education and Teaching International, 57(3), 305-316.
Warden, A. (2016). Investigating the use of a Flipped Approach to Grammar Input in an English as a Foreign Language Classroom. Unpublished Doctoral Thesis) The University of Chichester.
Yanto, E. S., Triyani, G., & Pravitasari, H. (2020). ENGAGING STUDENTS IN A FLIPPED CLASSROOM INSTRUCTION: JUNIOR HIGH SCHOOL GRAMMAR PROGRAM. Research and Innovation in Language Learning, 3(2), 123-143.
Yousufi, U. (2020). An integrative review of flipped classroom model. American Journal of Educational Research, 8(2), 90-97.
Zakaria, S., & Yunus, M. M. (2020). Flipped classroom in improving ESL primary students’ tenses learning. International Journal of English Language and Literature Studies, 9(3), 151-160.
Diterbitkan
2022-10-28

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##