PERSEPSI PESERTA DALAM PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 (RPP K13) (Studi Kasus pada Diklat Teknis Substantif Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat Tahun
Abstract
Pergantian kurikulum dari yang lama menuju ke K13 menyebabkan beberapa komponen RPP mengalami perubahan dan pengembangan. Kini komponen RPP yang ada dalam K13 terdiri dari beberepa kompetensi, ada kompetensi yang sama, dan ada juga kompetensi yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Kompetensi yang dimaksud adalah Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, dan tujuan pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang persepsi peserta dalam perancangan RPP K13. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah totaly sampling dengan jumlah responden yaitu 40 orang (Guru-guru Pendidikan Agama Hindu Sekolah Dasar Kabupaten Lombok Barat). Teknik pengumpulan data melalui angket menggunakan skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus statistik persentase. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan persepsi peserta dalam perancangan RPP K13 termasuk dalam kategori baik (79.7), yang artinya secara umum guru sudah menguasai secara baik perancangan RPP K13. Disarankan kepada guru untuk melakukan pelatihan intensif agar lebih memahami perancangan RPP K13
References
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Cendekia
Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).