PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN NON AKADEMIK DI PASRAMAN SWASTA PRANAWA ABIAN TUBUH KOTA MATARAM

  • I Putu Swana
  • I Nyoman Wijana
  • Joko Prayitno
Keywords: Pembelajaran, Keterampilan Non Akademik, Pasraman Swasta Pranawa Abian Tubuh

Abstract

            Penelitian ini berfokus pada tiga hal yaitu: 1) Implementasi pembelajaran berbasis keterampilan non akademik; 2) hambatan dalam implementasi pembelajaran berbasis keterampilan non akademik; 3) Persepsi Brahmacari, orang tua Brahmacari dan pengurus Pasraman terkait dengan implementasi pembelajaran berbasis keterampilan non akademik di Pasraman Swasta Pranawa Abian Tubuh.

            Penelitian ini berjenis kualitatif yang  bersifat interpretatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Para informan berasal dari pengurus Pasraman, Acarya, Brahmacari dan orang tua Brahmacari yang ditentukan secara purposif. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya keabsahan data diuji dengan validitas internal, validitas eksternal, reliabilitas, dan obyektivitas.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Implementasi pembelajarannya yaitu: a) perencanaannya berbentuk non formal; b) pengorganisasian menyesuaikan situasi serta kondisi dengan Brahmacari yang dibagi menjadi beberapa kelompok; c) pelaksanaan dilakukan dengan fase belajar observasional; d) pengawasan  dilakukan  secara internal; e) evaluasi dilakukan secara bertahap; 2) Hambatannya  yaitu: a) belum ada kurikulum; b) pedoman perencanaan pembelajaran belum tersedia; c) kehadiran Brahmacari kurang konsisten; d) media pembelajaran yang bermasalah; e) keinginan belajar yang dinamis; f) perbedaan tingkat motivasi Brahmacari; g) pengaruh negatif smartphone; h) kurangnya supervisi pembelajaran oleh pihak eksternal; i) belum ada instrumen pengawasan; j) belum ada instrumen pengevaluasian; 3) Persepsinya yaitu: a) Brahmacari mampu mengikuti pembelajaran dengan baik; b) Brahmacari aktif berpartisipasi pada event perlombaan; c) Brahmacari aktif berpartisipasi pada kegiatan sosial keagamaan; d) orang tua Brahmacari menunjukan sikap yang respek; e) adanya perubahan pola perilaku dari Brahmacari; f) prestasi  non akademik Brahmacari mengalami peningkatan; g) terdongkraknya eksistensi Pasraman Swasta Pranawa Abian Tubuh.

References

Alfiriani, Adila. 2016. Evaluasi Pembelajaran dan Implementasinya. Padang: Sukabina Press.
Almanshur, Fauzan & Ghony, M. Djunaidi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Azwar, S. 2015. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
B. Uno, Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
______________. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
______________. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Echols, Jhon M. & Shadily Hassan. 2003. Kamus Inggris Indonesia.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Ezmir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Faisal, Sanapiah.1982. Metodologi Penelitian Pendidikan.Surabaya: Usaha Nasional.
Hamidi. 2010. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Pers
Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperative.Bandung:Alfabeta.
Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma
Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal Pengembangan melalui pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan Jepang. Bandung: Alfabeta.
Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muliawan, J U. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media.
Nana & Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Natsir, Moh.2009. Metode Penilitian. Bandung : Ghalia Indonesia.
Prastowo, A. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: AR-Ruzz Medi.
¬Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Penelitian. Bandung: Alfabeta.
_________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
_________. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Untuk penelitian yang berisifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan kontruktif . Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Didi & Darmawa, Deni. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2004. Veda Sruti RG VEDA SAMHITA. Paramitha: Surabaya
Tim Penyusun. 2005.Petunjuk Teknis Pelaksanaan Dharma Wacana. Surabaya: Paramita.
Tim Penyusun. 2006. Pedoman Pengelolaan Pasraman. Surabaya: Paramita.
Tim Penyusun. 2008. Materi Pokok Strategi Pembelajaran. Direktorat Jenderal Bimas Hindu Departemen Agama RI Jakarta.
Tim Penyusun. 2009. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). (UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta : Sinar Grafika.
Tim Penyusun. 2012. Dharmagita. Direktorat Jenderal Bimas Hindu Departemen Agama RI Jakarta.
Tim Penyusun. 2012. Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi Umum. Direktorat Jenderal Bimas Hindu Departemen Agama RI Jakarta.
Tim Penyusun. 2012. Yoga. Direktorat Jenderal Bimas Hindu Departemen Agama RI Jakarta.
Tim Penyusun. 2015. ATHARWA VEDA SAMHITA. Surabaya: Paramitha.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:Bumi Aksara.
Wirawan, G B, dkk. 2008. Materi Pokok Metodologi Penelitian. Direktorat Jenderal Bimas Hindu Departemen Agama RI Jakarta.
Yuda Triguna, Ida Bagus Dkk. 2012. Metodologi Penelitian. Direktorat Jenderal Bimas Hindu Departemen Agama RI Jakarta.
Zubaedi. 2009. Pendidikan Berbasis Masyarakat: Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2020-08-24
How to Cite
Swana, I. P., Wijana, I. N., & Prayitno, J. (2020). PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN NON AKADEMIK DI PASRAMAN SWASTA PRANAWA ABIAN TUBUH KOTA MATARAM. Widya Sandhi, 10(2), 2116-2135. Retrieved from https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/WS/article/view/127
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)