Implementasi Ajaran Smaranam dalam meningkatkan Sradha dan Bhakti Siswa Hindu
Abstrak
Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana penerapan dari salah satu ajaran bhakti sejati yaitu Smaranam dalam meningkatkan sradha dan bhakti peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang memiliki karakteristik bersifat menggali suatu fenomena secara mendalam dan terinci. Smaranam merupakan salah satu ajaran Nawa Widha Bhakti, yaitu dengan cara menyebutkan nama suci Tuhan secara berulang-ulang (berjapam). Merujuk pada fenomena saat ini yang dimana perkembangan teknologi membuat peserta didik menjadi kecanduan hingga melupakan aktifitasnya salah satunya melaksanakan persembahyangan. Oleh karena itu, diperlukannya penerapan ajaran agama yang secara efektif dapat menumbuhkan dan meningkatkan sradha dan bhakti siswa. Dengan penerapan ajaran bhakti sejati seperti Smaranam di SMA Negeri 4 Mataram dapat menumbuhkan dan meningkatkan sradha dan bhakti siswa hindu, yang dapat dilihat dari kesadaran siswa akan tugas dan kewajiban seperti sembahyang dan berdoa dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan ajaran Smaranam efektif dilakukan sebagai sarana untuk meningkatkan sradha dan bhakti siswa.
Referensi
Astawa, I. N. S. (2018). Pola Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Hindu. Kajian Keagamaan, 1(1), 88–110. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i1.40
Dharmawan, I. G. A. (2020a). Bhakti Marga Yoga: Implementasi Dalam Kehidupan Pribadi Dan Sosial. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 11(2), 70–87. https://doi.org/10.33363/ba.v11i2.545
Dharmawan, I. G. A. (2020b). Bhakti Marga Yoga: IMPLEMENTASI DALAM KEHIDUPAN PRIBADI DAN SOSIAL. 11(2).
Gata, I. W. (2020). Filosofi Sampradaya Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat Hindu Di Bali (Studi Kasus di Desa Sidatapa, Kabupaten Buleleng). Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 2(1).
Heriyanti, K. (2020). Bhakti Marga Jalan menuju Tuhan dan Mempertahankan Kebudayaan Lokal. Sruti: Jurnal Agama Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 1(1), 20–25. https://jurnal.ekadanta.org/index.php/sruti/article/view/58/30
Mahesti, G. S., Setyaningsih, & Wardani, D. A. W. (2022). Strategi Penguatan Sradha Dan Bhakti Melalui Ajaran Nawa Widha Bhakti Di Ashrama Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah. Jawa Dwipa, 3(2), 93–105. https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.57
Merliana, N. P. E. (2019). Peranan Sradha Dan Bhakti Dalam Menangkal Pengaruh Negatif Media Sosial. Widya Katambung, 10(1).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Santiawan, I. N. (2021). Implementasi Catur Asrama Dalam Mencapai Tujuan Hidup (Catur Purusa Artha). Agama Hindu, 26(2), 294–302. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v26i2.170
Satwika, I. B. C., Putri, I. D. A. H., & Wisnawa, D. K. (2022). KOMUNIKASI PERSUASIF PENYULUH AGAMA HINDU KANTOR KRMRNTERIAN AGAMA KABUPATENN BADUNG DALAM MEMANTAPKAN STADHA DAN BHAKTI UMAT HINDU. Ilmu Komunikasi Hindu, 2(2), 373–382. https://doi.org/10.25078/anubhava.v2i2.1945
Sutarti, T. (2022). Membangun Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur Melalui Penerapan Ajaran Agama Hindu. Agama Hindu, 27(1), 44–56.
Sutarti, T. (2023). UPAYA PENUMBUHAN DAN PENGUATAN KARAKTER SISWA DENGAN IMPLEMENTASI AJARAN BHAKTI SEJATI. Agama Hindu, 28(2), 259–268. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i2.241
Temon, I. N., & Resi, N. M. (2022). Peningkatan Sradha Dan Bhakti Terhadap Tuhan dalam Kidung Sebun Bangkung. Sphatika: Teologi, 13(1), 120–139. https://doi.org/10.25078/sphatika.v13i1.1295
Wahyuni, K. ., & Darmawan. (2023). Peningkatan Sradha Bhakti Dan Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Desa Mayong Melalui Tri Hita Karana. Jurnal Mahasiswa Filsafat Hindu, 4(1), 75–85. https://doi.org/10.55115/vidyadarsan.v4i1.2679
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).