Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Cakranegara Mataram

  • Ida Ayu Made Sukadewi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: Manajemen strategi, kepala sekolah dan mutu pada PAUD Pelangi

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang ditujukkan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun, karena usia tersebut anak mengalami perkembangan intelegensi yang paling optimal. Menejemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah dilakukan dengan baik sehingga minat orang tua dalam menyekolahkan anaknya sangat tinggi dengan peningkatan jumlah peserta didik. Prestasi peserta didik juga semakin meningkat saban tahun dari berbagai kompetisi yang di ikuti oleh peserta didik dan pendidik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis secara deskriftif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan dilakukan pengecekan keabsahan data melalui kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Dalam penelitian ini menggunakan teori mutu dari Philip Crosby dan teori fungsional struktural. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen strategi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pada lembaga sekolah melalui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan dengan pendekatan kekeluargaan dan komitmen yang kuat dalam bekerja sama mengimplementasikan kegiatan sekolah melalui tim yang baik. Strategi yang digunakan oleh kepala sekolah yaitu melalui pemberian arahan kepada guru dalam proses belajar mengajar, pembinaan khusus untuk pendidik yang mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas sekolah, meningkatkan profesional guru melalui pelatihan dan seminar pendidik, melakukan penataan terhadap sarana dan prasarana sekolah, memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta didik untuk memiliki prestasi baik secara akademik maupun non akademik. Keseluruhan dari strategi yang digunakan oleh kepala sekolah mengacu pada prinsip kaizen yaitu perbaikan mutu pendidkan di sekolah dengan sedikit demi sedikit tetapi berkelanjutan.

References

Sagala, Syaiful. 2010. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sallis, Edward. 2015. Total Quality Manajement In Education.Yogyakarta: IRCiSoD Tim Penyusun, 2011. Manajemen Pendidikaan.Bandung:Alfabeta
Zaenab, Siti. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif:perspektif kekinian. Malang: Selaras
Latifah, Eva. “Implementasi Kurikulum Ting- kat Satuan Pendidikan di SMA Negeri Kabupaten Brebes”. http//lonta rui.ac.id.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. www.info.disikporabna.com. Diakses 23 Juni 2013.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pengembangan Kurikulum 2013. www.- upi.edu.
Winataputra, Udin S. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Karakter (Konsep, Kebijakan, dan Kerangka Programatik. Jakarta:
Kementerian Koordinator Kesejahteraan RI.
Tambunan Sony (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Cet I; Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permsasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa (2012). Manajemen dan Kepemimpinana Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Northouse, G. Peter. (2013). Kepemimpinan: Teori dan Praktek. Cet. VI; Jakarta: Penerbit Indeks.
Published
2020-11-17
How to Cite
Made Sukadewi, I. A. (2020). Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Cakranegara Mataram. Widya Sandhi, 11(2), 128-136. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/ws.v11i2.191
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.