Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Cakranegara Mataram
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang ditujukkan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun, karena usia tersebut anak mengalami perkembangan intelegensi yang paling optimal. Menejemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah dilakukan dengan baik sehingga minat orang tua dalam menyekolahkan anaknya sangat tinggi dengan peningkatan jumlah peserta didik. Prestasi peserta didik juga semakin meningkat saban tahun dari berbagai kompetisi yang di ikuti oleh peserta didik dan pendidik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis secara deskriftif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan dilakukan pengecekan keabsahan data melalui kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Dalam penelitian ini menggunakan teori mutu dari Philip Crosby dan teori fungsional struktural. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen strategi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pada lembaga sekolah melalui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan dengan pendekatan kekeluargaan dan komitmen yang kuat dalam bekerja sama mengimplementasikan kegiatan sekolah melalui tim yang baik. Strategi yang digunakan oleh kepala sekolah yaitu melalui pemberian arahan kepada guru dalam proses belajar mengajar, pembinaan khusus untuk pendidik yang mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas sekolah, meningkatkan profesional guru melalui pelatihan dan seminar pendidik, melakukan penataan terhadap sarana dan prasarana sekolah, memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta didik untuk memiliki prestasi baik secara akademik maupun non akademik. Keseluruhan dari strategi yang digunakan oleh kepala sekolah mengacu pada prinsip kaizen yaitu perbaikan mutu pendidkan di sekolah dengan sedikit demi sedikit tetapi berkelanjutan.
References
Sallis, Edward. 2015. Total Quality Manajement In Education.Yogyakarta: IRCiSoD Tim Penyusun, 2011. Manajemen Pendidikaan.Bandung:Alfabeta
Zaenab, Siti. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif:perspektif kekinian. Malang: Selaras
Latifah, Eva. “Implementasi Kurikulum Ting- kat Satuan Pendidikan di SMA Negeri Kabupaten Brebes”. http//lonta rui.ac.id.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. www.info.disikporabna.com. Diakses 23 Juni 2013.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pengembangan Kurikulum 2013. www.- upi.edu.
Winataputra, Udin S. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Karakter (Konsep, Kebijakan, dan Kerangka Programatik. Jakarta:
Kementerian Koordinator Kesejahteraan RI.
Tambunan Sony (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Cet I; Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permsasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa (2012). Manajemen dan Kepemimpinana Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Northouse, G. Peter. (2013). Kepemimpinan: Teori dan Praktek. Cet. VI; Jakarta: Penerbit Indeks.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).