PENGEMBANGAN PEMASARAN DARING PRODUK DODOL NANGKA PADA UD. WARNA SARI DI DESA SURANADI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

  • I Gusti Agung Didit Eka Permadi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Harnika IAHN Gde Pudja Mataram

Abstrak

Penyuluhan ini bertujuan supaya pihak manajemen UD. Warna Sari mengetahui bahwa pengembangan pemasaran daring atau e-marketing untuk produk dodol nangkanya selama masa pandemi COVID 19 sangat penting untuk dilaksanakan supaya eksistensi perusahaannya tetap terjaga. Materi penyuluhan disajikan menggunakan alat bantu LCD Projector dan slide powerpoint. Materi penyuluhan mencakup strategi pengembangan pemasaran daring atau e-marketing untuk produk dodol nangka selama masa pandemi COVID 19 dan pemanfaatan market place seperti facebook, instagram, bukalapak, tokopedia, dan whatsapp messenger yang menjadi media sosial sekaligus market place yang potensial bagi UD. Warna Sari. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari kegiatan penyuluhan ini adalah aplikasi e-marketing memberikan peluang besar bagi pemasar, dalam hal ini pemasar adalah UD. Warna Sari sendiri untuk menekan biaya dan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui layanan yang lebih cepat dan interaksi pemasaran yang lebih interaktif, real-time, dan efisien.

Referensi

Kotler, P. dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta : Erlangga. Gitosudarmo, H. I. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE UGM. Machfoedz, M. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta : UPP AMP YKPN. Mubyarto. 1982. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta : LP3ES. Radiosunu. 2001. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Analisis. Yogyakarta : BPFE UGM. Swastha Dh, B. dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty. Tjiptono, F. dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran : Esensi dan Aplikasi. Edisi I. Yogyakarta : ANDI.
Diterbitkan
2021-08-10
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##