Pelatihan dan Pembinaan Seni Tari di Desa Wisata Buwun Sejati Kabupaten Lombok Barat

  • Ni Nyoman Harnika Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Wayan Agus Gunada Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Yani Timor Prajawati Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Abstract

Tujuan dari penulisan hasil pengabdian kepada masyarakat ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil selama melaksanakan kegiatan pelatihan dan pembinaan tari, di Desa Wisata Buwun Sejati, Kabupaten Lombok Barat. Desa Buwun Sejati merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Narmada, dengan segala daya tariknya. Sebagai desa wisata, maka keindahan alam dan seni yang berasal dari tradisi dan budaya menjadi salah satu daya tarik untuk menarik minat para wisatawan. Oleh karenanya, pelatihan seni tari menjadi bagian penting dalam menguatkan kemampuan para generasi muda desa Buwun untuk mengembangkan kesenian yang dimiliki. Pengabdian dilakukan dengan pendekatan pembelajaran langsung, tim bertugas sebagai pelatih dan pembina, yang langsung memberikan materi dan pelatihan keterampilan seni tari pada setiap peserta pengabdian. Kegiatan yang dilakukan selama lima hari menunjukkan bahwa seluruh peserta memiliki kemampuan tari yang baik, dengan pelatihan yang diberikan maka kemampuan tari tersebut diharapkan akan terus berkembang. Pelatihan tari ini diharapkan dapat menjadi penguatan bagi desa wisata Buwun Sejati, sehingga dapat dikembangkan menjadi atraksi wisata yang dapat menjadi daya tarik dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke desa Buwun Sejati. Selain itu, pelatihan seni tari bukan hanya sebatas pengembangan atraksi wisata, namun penguatan kesadaran untuk selalu melestarikan nilai dan warisan budaya, agar tetap lestari dan tetap eksis keberadaannya. Hasil pengabdian diharapkan dapat menjadi sebuah landasan kebijakan untuk mendorong semua pihak mendukung keberadaan desa wisata di Pulau Lombok.

References

Caesar, F. K. A., Fitriana, W., & Biagi, I. W. K. Di. (2025). Potensi Presean dalam Meningkatkan Pariwisata di Desa Wisata Sade , Lombok. Journal of Education and Social Science, 1(2), 42–48. https://doi.org/10.70716/jess.v1i2.112
Dhobith, A., Ratnasari, D., & Latipah, E. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung Interaktif dalam Pengajaran Materi Berbentuk Konsep pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 145–164. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-9
Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Fazalani, R. (2020). Kesenian Gendang Belek Masyarakat Suku Sasak Sebagai Budaya Tradisional. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 256–268. https://doi.org/10.30651/lf.v4i2.4229
Hasanah, R. (2019). Kearifan Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya Di Desa Sade Kabupaten Lombok Tengah. Deskovi : Art and Design Journal, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.409
Hasmalena, & Rantina, M. (2017). Impelementasi Cerita Rakyat melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari Usia Dini untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 81–85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.18
Imran, A., & Hananingsih, W. (2021). Nilai-Nilai Sportifitas Dalam Seni Pertunjukan Peresean Masyarakat Sasak Lombok. Jupe : Jurnal Pendidikan Mandala, 6(1). https://doi.org/10.58258/jupe.v6i1.2098
Lestari, N. W. R., & Gunada, I. W. A. (2021). Pelatihan Seni Tari Pada Siswa Pasraman Sebagai Bentuk Transformasi Kebudayaan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 280–285. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4428
Lubis, K. N., Sari, N., & Gusmaneli. (2024). Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 60–70. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i2.638
Masa’u, M., & Mahroni G, L. A. (2019). Tari Gandrung Lombok Dalam Penciptaan Seni Lukis. Jurnal Sangkareang Mataram, 5(1), 48–52.
Mohzana, Hary Murcahyanto, & Faizin, A. (2022). Tari Rudat Anak Lembah Gunung Rinjani. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(2 SE-Articles), 17–26. https://doi.org/10.53952/jir.v10i2.417
Mulyati, T. (2021). Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 005 Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 35–43. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i2.133
Restian, A. (2016). Desain Pembelajaran Tari Dengan Pendekatan Paikem Gembrot Dalam Theory of Art Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 146. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i3.2722
Setiawan, D., Aziz, S. A., & Hilman, C. (2022). Pengembangan Social dan Pembangunan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 74–84. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.217
Sri Sumarti, & Mohamad Ali. (2023). Pengembangan Sekolah Berbasis Masyarakat: Refleksi Pengalaman Di Mi Muhammadiyah Program Khusus. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 9(1), 111–126. https://doi.org/10.55148/inovatif.v9i1.317
Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.30870/jpks.v1i1.837
Wahyu, I. C. D. K., Warto, W., & S, L. A. (2020). Diluwang Ponorogo Narrative As Enrichment Of Materials In Historical Learning Based On Local Wisdom. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(2), 160. https://doi.org/10.20961/shes.v3i2.46236
Wangi, B. L. G. S., Renda, R., & Biagi, I. W. K. Di. (2024). Bentuk Pertunjukan Tari Tradisional Penginang Penampi di Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.29408/tmmt.v7i1.28000
Zakiyah, A. N., Sapitri, W., & Liza, T. (2024). Sosiologi Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan . De Facto : Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(1 SE-), 32–39. https://doi.org/10.62668/defacto.v2i1.1025
Published
2025-06-15
How to Cite
Harnika, N., Gunada, I. W., & Prajawati, Y. (2025). Pelatihan dan Pembinaan Seni Tari di Desa Wisata Buwun Sejati Kabupaten Lombok Barat. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 113-123. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/sjpkm.v4i2.2543
Section
Articles