OPTIMALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA DEVI PROFESIONAL MAKE UP

  • Ni Komang Novi Jayanti Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram,
  • Ida Ayu Nyoman Sutriani Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Made Sudarma Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Edy Chandra Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: Optimalisasi, Media Sosial, Instagram, Promosi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini  yaitu untuk mengetahui apakah Devi Profesional Make Up sudah optimal dalam memanfaatkan media sosial instagram sebagai media promosi. Dalam penelitian  ini  menggunakann metode kualitatif. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dalam penelitian ini Devi Profesional Make Up sudah optimal dalam memanfaatkan media sosial instagram sebagai media promosi hal ini dapat dilihat dari beberapa promosi yang dilakukan seperti membuat instastory, memposting hasil riasan dan memberikan potongan harga diwaktu tertentu. Dengan rajin memposting hasil riasan dan koleksi baik melalui instastory maupun pada feed mengakibatkan akun instagram Devi Profesional Make Up terus bertambah yang dimana hal ini dapat dilihat dari  jumlah followers pada bulan Agustus berjumlah 5.482 hingga bulan November ini bertambah sebanyak 277 hingga menjadi 5.759 pengikut. 

References

Agustin, F. F., Amin, M., Hasibuan, M. I., Harahap, J. M., & Budiman, S. (2021). Pemanfaatan media social dalam Pemasaran Produk UMKM: Studi kasus pelaku UMKM di Desa Sidodadi. Kapital: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2), 49-55.
Atikah Dhiani Putri, A. (2023). Optimalisasi Media Sosial Instagram@ Osf_Id Sebagai Media Promosi Food Court Di Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Fitrianingrum, A., & Qurnia, A. (2022). Strategi Promosi Media Sosial Pada Vany Salon. Madani: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Kewirausahaan, 1(1), 26-31.
Haryanto, R., & Rahmi, A. (2019). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Guna Menarik Generasi Milenial untuk Memilih Produk Tabungan Pada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan Cabang Paringin. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 213-219.
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18-33.
Novitasari, S., & Supriyono, S. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Kepada Pelaku UMKM Upaya Untuk Meningkatkan Efisiensi Penjualan UMKM Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Jombang. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(3), 39-44.
Nuraeni, S. D., & Suryawardani, B. (2017). Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Pt. Niion Indonesia Utama Tahun 2017. eProceedings of Applied Science, 3(2).
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Samsi, S., Maesti, D. P., & Parantika, A. (2022). Optimalisasi Pemanfataan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Terhadap Pengembangan Wisata Taman.
Mahadewi, E. P., Umiyati, H., Nazif, M., Yuhanda, G. P., Ma’sum, H., Sahi, A., ... & Sofyan, H. (2023). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DI ERA MILENIAL.
Published
2024-02-29
Section
Articles