Etika Bisnis Dalam Menumbuhkan Perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah
Abstract
Pelaku usaha dituntut agar untuk menjaga citra yang positif dalam usahanya, dengan ini para pelaku usaha dapat memenangkan persaingan dengan pelaku usaha lainnya sehingga usaha yang dijalankan dapat terus berjalan dengan baik. Tingkat persaingan yang ketat tidak dapat dipungkiri para pelaku usaha dapat melakukan hal-hal yang kurang positif didalam persaingan. Etika dalam bisnis dibutuhkan untuk menciptakan iklim persaingan yang baik, dengan etika bisnis pelaku usaha dapat melakukan kegiatan yang baik dan tidak baik dalam melakukan usaha. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengaruh variabel etika bisnis dalam meningkatkan ekonomi UMKM ada di Kota Mataram. Menggunakan kuantitatif dan bantuan penghitungan SPSS yang diambil dari data kuisioner yang disebar kepada 84 orang yang menjadi sampel. Kesimplan dari penelitian variabel etika bisnis memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan ekonomi UMKM. Keterbatasan penelitian karena sumber daya yang dimiliki sehingga penelitian dilakukan hanya pada para pelaku UMKM Kota Mataram.
References
Agus Arijanto. (2012). Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis. Rajawali Pers.
Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Alfabeta.
Badroen, F. (2006). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta, Kencana Prenada Group.
Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Serta Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, XIII(10), 19–24. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf
Mubarok, M. H. (2021). Perilaku Pedagang Masjid Tegalsari Ponorogo Perspektif Etika Bisnis Islam [Universitas Islam Indonesia]. In Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/
Purwanti, P. A. P., & Setyari, N. P. W. (2021). Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Wilayah di Kawasan Strategis SARBAGITA (Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan). Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 18(2), 189–200. https://doi.org/10.34001/jdeb.v18i1.2300
Rahmana, A. (2009). Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SMATI 2009), 2009(Snati), B11–B15. http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1033/989
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wijaya, I. G. B. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha. Jambura Economic Education Journal, 3(2), 52–60. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jej/article/view/10446/3127