PENGARUH SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK
Abstract
Penelitian ini dirancang untuk mengetahui sejauh mana sistem teknologi informasi mempengaruhi pelayanan publik di Kantor Kecamatan Gunung Sari. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dan memiliki pedoman, rencana, dan struktur yang jelas dari awal hingga akhir. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara purposive sampling, yang kemudian diperoleh sampel sebesar 100 sampel yang akan ditetapkan sebagai responden. Adapun pengumpulan data menggunakan sistem angket, observasi dan dokumentasi dan data akan dianalisis dengan sistem regresi linear sederhana. Temuan pada kajian riset tersebut mendapatkan bahwa nilai t tabel lebih kecil dari nilai t hitung yaitu 0,1984 < 12,875 dengan nilai sig 0,05>0,000. Dengan kata lain bahwa Ha diterima dan Ho di tolak. jadi, sistem informasi mempunyai dampak yang signifikan terhadap pelayanan publik. Dari hasil perhitungan, dampak sistem teknologi informasi terhadap pelayanan publik di Kantor Kecamatan Gunung Sari sebesar 62,8%.
References
Parontong, O. M., Rares, J. J., & Posumah, J. H. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Siak) Terhadap Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 6(96), 1–8.
Gede Bayu Wijaya, I., Nyoman Suli Asmara Yanti, N., Suprabawati Kusumanegara, I., & Kadek Ayu Wianjani, N. (2022). Peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui E-Marketing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 291–201. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm
Probowulan, D. (2016). Dampak Teknologi Informasi dan Sumber Daya Manusia Terhadap Penerapan E-Government Sebagai Bentuk Pelayanan Publik. Balance: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 13(1), 86–94.
Suprianto, B. (2023). Literature Review: Penerapan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(2), 123–128. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i2.3015
Thamrin, A. M. H., Adnan, A. A., & Uceng, A. (2021). Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Bumdes Terhadap Pelayanan Kantor Desa Cipotakari Kecamatan Panca Rijang. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 9(3), 162–172. https://doi.org/10.55678/prj.v9i3.512
Wardiana, W. (2022). Perkembangan Teknolo Informasi Di Indonesia. Kompasiana.Com, 1–7.
Basir, M. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. JEK: Jurnal Efek Komunikasi, 2(2), 41–48. http://www.jurnal-
Parontong, O. M., Rares, J. J., & Posumah, J. H. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Siak) Terhadap Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 6(96), 1–8.
Gede Bayu Wijaya, I., Nyoman Suli Asmara Yanti, N., Suprabawati Kusumanegara, I., & Kadek Ayu Wianjani, N. (2022). Peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui E-Marketing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 291–201. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm
Probowulan, D. (2016). Dampak Teknologi Informasi dan Sumber Daya Manusia Terhadap Penerapan E-Government Sebagai Bentuk Pelayanan Publik. Balance: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 13(1), 86–94.
Suprianto, B. (2023). Literature Review: Penerapan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(2), 123–128. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i2.3015
Thamrin, A. M. H., Adnan, A. A., & Uceng, A. (2021). Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Bumdes Terhadap Pelayanan Kantor Desa Cipotakari Kecamatan Panca Rijang. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 9(3), 162–172. https://doi.org/10.55678/prj.v9i3.512
Wardiana, W. (2022). Perkembangan Teknolo Informasi Di Indonesia. Kompasiana.Com, 1–7.