PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-SATISFACTION TERHADAP MINAT BELI PRODUK KESEHATAN PADA SO CNI MATARAM

  • Ni Wayan Windi Desianti Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Luh Putu Anom Pancawati Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ida Ayu Nyoman Sutriani Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: E-Service Quality, E-Satisfaction, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah e-service quality dan e-satisfaction berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat beli produk kesehatan pada SO CNI Mataram. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan SO CNI Mataram yang pernah berbelanja melalui marketpalace. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 96 orang, dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil uji secara parsial yaitu  e-service quality memiliki nilai thitung  sebesar 4,042 > dari nilai t tabel sebesar 1,985 yang dapat dikatakan e-service quality berpengaruh terhadap minat beli pada SO CNI Mataram. Selanjutnya e-satisfaction memiliki nilai thitung  12,540 > 1,985, yang menandakan e-satisfaction  berpengaruh terhadap minat beli produk kesehatan pada SO CNI Mataram. Hasil uji simultan menunjukkan e-service quality dan e-satisfaction memiliki nilai Fhitung 162,099 > dari nilai Ftabel sebesar 3,09, dapat disimpulkan e-service quality dan e-satisfaction  berpengaruh terhadap minat beli pada SO CNI Mataram. Hasil dari penelitian ini adalah dengan memperhatikan e-service quality dan e-satisfaction yang baik mampu meningkatkan minat beli produk pada SO CNI Mataram

References

Akbar. 2022. “Metode Dollar Cost Averaging (Dca) Pada Investasi Saham Di Bursa Efek Indonesia (Analisis Manajemen Keuangan Syariah).” Braz Dent J. 33(1):1–12.

Akbar, Muhammad Ali, Syahriah Semmaun, and Andi Ayu Frihatni. 2022. “Metode Dollar Cost Averaging (Dca) Pada Investasi Saham Di Bursa Efek Indonesia.” Moneta: Jurnal Manajemen & Keuangan Syariah 1(1):1–15. doi: 10.35905/moneta.v1i1.3215.

Clarensia. 2021. “Pengaruh Nilai Tukar Dan Harga Saham Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg) Pada Sub – Sektor Perbankan Periode Masa Pandemi Tahun 2020.” 1(3):1–14.
Dwi. 2023. “Deretan Saham Bank Tercuan Sepanjang Tahun Ini.” Retrieved (https://www.cnbcindonesia.com/market/20231219125120-17-498531/ini-deretan-saham-bank-tercuan-sepanjang-tahun-i).

Elvianti, Winda Fitri dan. 2021. “Tinjauan Yuridis Penegakan Hukum Terhadap Investasi Yang Memakai Skema Ponzi.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9(3):598–611.

Hadityo, Dewantara, Rafi. 2021. “Perbandingan Strategi Lump-Sum Dan Dollar Cost Averaging Pada Momentum Tumbuhnya Emiten Sektor Teknologi Indonesia.” … Seminar Nasional Riset

Hartono, Sony. 2018. “Strategi Dollar Cost Averaging Untuk Menarik Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Dalam Rangka Peningkatan Penerimaan Pajak.” 53–64.

Irfan. 2020. “Penerapan Metode Capital Asset Pricing Model (CAPM) Sebagai Dasar Pertimbangan Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham Pada Perusahaan-Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi Di BEI.” Universitas Negeri Makassar 1–12.

Nour Halisa, Novia, and Selvi Annisa. 2020. “Pengaruh Covid-19 Terhadap Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).” Jurnal Manajemen Dan Organisasi 11(3):170–78. doi: 10.29244/jmo.v11i3.32657.

Nugroho. 2023. “Daftar Emiten Bank Di Bursa Efek Indonesia 2023.” Retrieved (https://www.idxchannel.com/market-news/daftar-emiten-bank-di-bursa-efek-indonesia-2023).

Putra, I. R. N., and I. A. Moelyani. 2021. “Analisis Metode Dollar Cost Averaging Sebagai Strategi Investasi Paling Efektif Untuk Investor Pemula.” Prosiding Seminar Nasional Riset Pasar Modal 2021.

Raudatullaily, Nuratni, and Uswatun Khasanah. 2023. “Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan.” Jurnal Simki Economic 6(2):255–68. doi: 10.29407/jse.v6i2.248.

Santoso. 2021. “Pengaruh Strategi Dollar Cost Averaging, Persepsi Risiko, Dan Bandwagon Effect Terhadap Minat Berinvestasi Saham Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Undiksha.” Universitas Pendidikan Ganesha. 14(2):1–4.

Subekti. 2024. “Saham BRI Selama 5 Tahun Ini Terus Meningkat.” Retrieved (https://ekonomi.republika.co.id/berita/s7ebq9502/saham-bri-selama-5-tahun-ini-terus-meningkat).

Tambunan, Diana. 2020. “Investasi Saham Di Masa Pandemi COVID-19.” Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen 4(2):117–23. doi: 10.31294/widyacipta.v4i2.8564.

Wahyuni, Raden Ani Eko, and Bambang Eko Turisno. 2019. “Praktik Finansial Teknologi Ilegal Dalam Bentuk Pinjaman Online Ditinjau Dari Etika Bisnis.” Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia 1(3):379–91. doi: 10.14710/jphi.v1i3.379-391.

Wijaya, I. G. B., & Dewi, N. N. D. R. (2022). Pengaruh iklan dan brand image terhadap minat beli mie Lemonilo di Kota Mataram. Sorot, 17(1), 59-68.

Zunaida, Daris. 2018. “Identification of Perceptions of Investment Tendency as a Response to Issue of Monkey Business to the University Students in Malang (Identifikasi Kecenderungan Persepsi Investasi Sebagai Respon Isu Investasi Bodong Pada Mahasiswa Di Malang).” Journal Pekommas 3(1):53. doi: 10.30818/jpkm.2018.2030106.
Published
2025-02-28
Section
Articles