Manajemen Dokumen Digital Dalam Mendukung Layanan Informasi Di PT Air Minum Giri Menang (Perseroda)

  • Made Dwi Sandi Saraswati Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Nyoman Suli Asmara Yanti Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: Manajemen Dokumen Digital, Layanan Informasi, Efisiensi Data Perusahaan

Abstract

Digitalisasi dokumen tidak hanya meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan informasi, tetapi juga membantu dalam menjaga keamanan data, mempercepat pencarian dokumen, dan mempermudah distribusi informasi. Hal ini sangat penting bagi perusahaan yang berfokus pada layanan pelanggan, seperti PT Air Minum Giri Menang, yang membutuhkan pengelolaan dokumen yang terstruktur untuk memastikan aksesibilitas dan akurasi informasi. Melalui penelitian ini, dapat dilihat bahwa proses digitalisasi dokumen yang dilakukan di perusahaan melibatkan beberapa tahapan penting. Dimulai dengan pengumpulan dokumen fisik yang akan diubah menjadi format digital, kemudian dokumen tersebut di-scan menggunakan perangkat yang sesuai, seperti Epson DS-780N dan CZUR Smart Book Scanner. Proses ini memerlukan perhatian terhadap detail, seperti memastikan dokumen dalam kondisi baik sebelum pemindaian dan penamaan file yang terstandarisasi untuk memudahkan pencarian di kemudian hari. Hasil digitalisasi ini tidak hanya mempermudah akses informasi tetapi juga membantu dalam proses analisis data, seperti data pelanggan, yang mendukung pengambilan keputusan lebih cepat dan akurat. Meski begitu, tantangan tetap ada, seperti memastikan data yang dipindai tidak memiliki kesalahan dan dokumen dalam kondisi baik saat disiapkan untuk di-scan. Secara keseluruhan, digitalisasi dokumen di PT Air Minum Giri Menang membawa dampak positif terhadap operasional dan layanan informasi, memungkinkan perusahaan untuk merespon lebih cepat terhadap kebutuhan pelanggan serta meningkatkan kualitas layanan yang diberikan. Laporan ini juga menunjukkan bahwa meskipun ada beberapa tantangan dalam transisi ke sistem digital, manfaat yang diperoleh sangat signifikan untuk jangka panjang.

References

Ariandi, M., Cahya, M. A. D., Studi, P., Informasi, S., Sains, F., & Darma, U. B. (2023). Digitalisasi E-Document Pelayanan Administrasi Terpadu pada Kecamatan Sembawa. 9(2), 1281–1296.

Azzahra, S. F., Iqbal, S., & Ramadani, L. (2022). Asesmen Dan Peningkatan Manajemen Proyek Sistem Informasi Risiko Dan Komunikasi Menggunakan Pmmm (Puti Universitas Telkom). JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 5(2), 118–124. https://doi.org/10.33387/jiko.v5i2.4769

Candani, N. P. A., Wibawa, I. G. J. S., & Wijaya, I. G. B. (2023). KEPUASAN KERJA PEGAWAI SEKSI PENDATAAN DAN PENETAPAN PAJAK DALAM PELAYANAN PUBLIK. Waisya: Jurnal Ekonomi Hindu, 2(2), 134-140.

Dimara, A., Tsakiridis, S., Psarros, D., Papaioannou, A., Varsamis, D., Anagnostopoulos, C. N., & Krinidis, S. (2024). An Innovative System for Enhancing Archaeological In Situ Excavation through Geospatial Integration. Heritage, 7(5), 2586–2619. https://doi.org/10.3390/heritage7050124

Harmin, A., & Rosnani. (2022). Aplikasi Pengelolaan E-Document Sistem Penjaminan Mutu Internal Menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Informasi dan Komputer, 10(1), 164–173. https://doi.org/10.35959/jik.v10i1.283

Kadafi, A. R. (2018). Implementasi Sistem Temu Kembali Informasi Pada Dokumen Mutu.
Jurnal ELTIKOM, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.31961/eltikom.v2i1.38

Sihaloho, L., & Sobandi, A. (2018). Peluang dan Tantangan dalam Mengimplementasikan Sistem Manajemen Dokumen Elektronik. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan, 11(1), 1. https://doi.org/10.22146/khazanah.34470

Sitepu, H. V. (2024). Tpet ( Where Theory , Practice , Experience , & Talent meet ) Community Service Journal PENGGUNAAN KECERDSAN BUATAN SEBAGAI ALAT BANTU.
3(November), 48–51.
Published
2025-02-28
Section
Articles