ETIKA KEWIRAUSAHAAN BERDASARKAN AJARAN WEDA
Abstract
Tujuan dari tulisan ini yakni untuk menjelaskan dari segi ajaran kitab suci Weda yang erat kaitannya dengan dunia usaha. Kitab suci Weda dengan ajaran Tri Hita Karana dapat mewujudkan keseimbangan dan kehidupan ini. Dalam berwirausaha Tri Hita Karana mengajarkan seseorang untuk dapat membedakan perbuatan baik dan perbuatan yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang wirausaha, dengan perbuatan baik tersebut maka keharmonisan, saling menghargai dan menghormati akan tercipta. Hubungan baik tersebut seorang wirausaha akan mampu menjalin relasi yang saling menguntungkan satu sama lainnya, melalui etika yang diajarkan dalam Tri Hita Karana mampu mewujudkan hubungan yang baik sehingga kesejahteraan dapat dicapai.
References
Adwitya Sanjaya, Putu Krisna. 2018. “Etika Bisnis Dan Entrepreneurship Dalam Pembangunan Ekonomi Bali: Dalam Perspektif Hindu.” Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan 18(1): 93–101.
Budiadnya, Putu. 2018. “Tri Hita Karana Dan Tat Twam Asi Sebagai Konsep Keharmonisan Dan Kerukunan.” Widya Aksara 23(2).
Butarbutar, Bosman. 2019. “Peranan Etika Bisnis Dalam Bisnis.” JIMT:Jurnal Ilmu Terapan 1(April): 33–35. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/77/63.
Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Issa, Bekum Rafik. 2004. Etika Bisnis Islami(Terjemahan Muhammad). Yokyakarta: Pustaka Belajar.
Machfoedz., Mas’ ud Machfoedz dan Mahfud. 2004. Kewirausahaan, Suatu Pendekatan Kontemporer. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Muhammad, D. 2008. Paradigma, Metodologi, Dan Aplikasi Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pancawati, Ni Luh Putu Anom. 2020. “Spiritual Entreprenuer: Konsep Kewirausahaan Dalam Perspektif Hindu.” In Beragama Dalam Damai, ed. I Ketut Sudarsana. Denpasar: Jayapangus Press, 101.
Sadono., Sukirno. 2010. Makroekonomi : Teori Pengantar. Edisi Keti. Jakarta: PT. Raja Grasindo Perseda.
Subroto, Waspodo Tjipto. 2015. “Menanamkan Nilai-Nilai Entrepreneurship Melalui Pendidikan Ekonomi Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” Jurnal Economia 11(1): 16.
Veronica, Deka. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Journal Development 5(1): 55–69.
Zimmerer, Thomas W dan Scarborough, Norman M. 2008. Kewirausahaan Dan Manajemen.UsahaKeci. Jakarta: Salemba Empat.