MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM VIDEO ENDORSEMENT PRODUK KULINER PADA AKUN SELEBGRAM HINDU @jejakimade

  • I Gede Titah Pratyaksa Sekolah Tinggi Agama Hindu Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Luh Wiwik Eka Putri Sekolah Tinggi Agama Hindu Mpu Kuturan Singaraja

Abstract

The phenomenon of product endorsements by Hindu celebrities is increasingly common on Instagram social media. One of them is the @jejakimade account, which is one of the popular public figures on the platform who often shares endorsements on Instagram social media. Persuasive communication carried out by @jejakimade is very important in influencing the audience. The theory used includes cognitive dissonance theory. The results of the study show that marketing communication carried out on the @jejakimade account in product endorsement videos on Instagram social media using @jejakimade tries to overcome the doubts of potential consumers by presenting more comprehensive information. The information conveyed by @jejakimade has the potential to change or strengthen the beliefs of potential consumers towards the products they want to buy. In conveying the message, @jejakimade provides information in the form of insight into culinary products to its followers.

References

Afandi, a., samudra, j. P., sherley, s., veren, v., & liang, w. (2021). Pengaruh endorsement influencer instagram terhadap keputusan pembelian pada generasi z. Komunikologi: jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 5(1), 15. Https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272
Asrat, s., & kalaloi, a. F. (2022). Daya tarik fitur aplikasi tik tok dalam memediasi informasi kesehatan di era pandemi. E-proceeding of management, 9(2), 973–980.
Astawa, a. D. S. (2022). Gaya Komunikasi Selebgram @ayuguns dalam Endorsement Produk di Media Instagram. 114–125.
Deriyanto, d., qorib, f., komunikasi, j. I., tribhuwana, u., & malang, t. (2018). Persepsi mahasiswa universitas tribhuwana tunggadewi malang terhadap penggunaan aplikasi tik tok. Jisip, 7(2), 77. Www.publikasi.unitri.ac.id
Dewa, c. B., & safitri, l. A. (2021). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media promosi industri kuliner di yogyakarta pada masa pandemi covid-19 (studi kasus akun tiktok javafoodie). Khasanah ilmu - jurnal pariwisata dan budaya, 12(1), 65–71. Https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Hendri, e. (2019). Komunikasi persuasif pendekatan dan strategi. Pt remaja rosdakarya.
Mayssara a. Abo hassanin, a. (2014). Tinjauan pustaka dan kerangka pemikiran. Paper knowledge . Toward a media history of documents, 7–8.
Mirawati, i. (2021). Pemanfaatan teori komunikasi persuasif pada penelitian e-commerce di era digital. 9.
Mukarom, z. (2020). Teori-teori komunikasi. Jurusan manajemen dakwah fakultas dakwah dan komunikasi uin sunan gunung djati bandung.
Mukrimaa, s. S., nurdyansyah, fahyuni, e. F., yulia citra, a., schulz, n. D., غسان, د., taniredja, t., faridli, e. M., & harmianto, s. (2016). Aplikasi pendekatan-pendekatan persuasif pada riset komunikasi pemasaran: iklan dilibatkan penciptaan dan penerimaan pesan komunikasi persuasif mengubah perilaku pembelian. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar, 6(august), 128.
Nathanel, j. O., & setiawan, a. (2022). Klasifikasi kisaran harga tarif endorsement influencer instagram dengan metode decision tree. Jurnal infra. Https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/12822%0a
Novitasari, t. N., & setyawati, s. P. (2023). Penggunaan aplikasi tiktok dalam mengembangkan rasa percaya diri. 314–321.
Prasojo, e. (2019). Pengaruh celebrity endorsement terhadap minat beli melalui brand image.
Putri, g. H., & patria, b. (2018). Pengaruh endorsement selebriti instagram terhadap minat beli remaja putri. 4(1), 33–41. Https://doi.org/10.22146/gamajpp.45347
Sitepu, m. F. (2023). -. Komunikasi persuasif di media sosial instagram: studi deskriptif kualitatif komunikasi persuasif instagram @haus! Dalam mempromosikan produk kepada khalayak melalui media sosial, 6(august), 128.
Subagja, nanda pratama. (2022). Hubungan antara fear of missing out dengan kecanduan media sosial (tiktok) pada mahasiswa pengguna tiktok di universitas muhammadiyah purwokerto. 1998, 16–49.
Sugiyono. (1967). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. In angewandte chemie international edition, 6(11), 951–952. (issue mi). Alfabeta, cv.
Ulfah, d. A. (2022). Strategi komunikasi persuasif dalam menarik publik untuk menjadi affiliate. 487–495.
Wiriadinata jidan muhammad, j. (2023). Komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif berbasis digital dalam meningkatkan penjualan (studi kasus pada akun tiktok shop affiliate @iamegamei).
Published
2024-11-25