KOMUNIKASI ANGGOTA KOMUNITAS LOMBOK INFLUENCER DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM HINDU DI KOTA MATARAM

  • Ni Putu Trismia Indriyani Lombok Influencer
  • I Wayan Wirata IAHN Gde Pudja Mataram
  • Made Sudarma IAHN Gde Pudja Mataram
  • I Wayan Sutama IAHN Gde Pudja Mataram
Keywords: Komunikasi Komunitas, Lombok Influencer, Brand Awareness, UMKM Hindu

Abstract

Komunitas Lombok Influencer merupakan komunitas pertama dan terbesar yang menghimpun para selebgram di Nusa Tenggara Barat. Komunitas ini bertujuan membantu UMKM dan pelaku usaha dalam memilih selebgram untuk mempromosikan produk mereka dan meningkatkan brand awareness dari produk yang dipasarkan. Sejauh ini sudah terdapat dua UMKM Hindu yang menggunakan jasa Komunitas Lombok Influencer yaitu Raos Udeng Bali dan Simfony Kebaya Botique. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran komunikasi komunitas, strategi komunikasi, dan implikasi komunikasi anggota Komunitas Lombok Influencer dalam meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Hindu di Kota Mataram. Untuk menganalisis hal tersebut menggunakan teori Stimulis Organism Respons (SOR) dan teori Uses and Gratifications. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi komunitas Lombok Influencer memiliki peran penting dalam meningkatkan brand awareness UMKM Hindu baik secara internal maupun eksternal. Pemanfaatan media digital yang berkembang merupakan strategi yang dimaksimalkan oleh admin Lombok Influencer, anggota komunitas, dan UMKM Hindu dalam mempromosikan postingan kontennya, serta hasil dari konten tersebut berupa insight postingan dari masing-masing selebgram yang dipilih.

References

Agung, Anak Agung Putu dan Anik Yuesti. Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif dan Kualitatif. Bali: CV. Noah Aletheia.
Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.
Cangara, Hafied. 2017. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Choiri, Eril Obeit. 2020. Mengenal Apa Itu Endorse dan Cara Kerjanya, dalam https://qwords.com/blog/apa-itu-endorse/, diakses pada 7 Mei 2021.
Effendy, Prof. Drs Onong Uchjana. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hubeis, Musa. 2009. Prospek Usaha Kecil dalam Wadah Inkubator Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.
Published
2022-05-16