STRATEGI KOMUNIKASI PEMBINAAN MENTAL PRAJURIT DAN PNS HINDU KOREM 162/WIRA BHAKTI DIMASA PANDEMI COVID-19

  • Ni Wayan Mustini Korem 162 Wira Bhakti
  • I Wayan Sutama IAHN Gde Pudja Mataram
Keywords: Strategi Komunikasi, Pembinaan Mental, Prajurit Hindu, PNS Hindu, Pandemi Covid-19

Abstract

Pembinaan mental bagi prajurit dan PNS di lingkungan Korem merupakan upaya menjaga stabilitas mental prajurit. Berbagai tantangan yang dihadapi dalam konteks menjalankan tugas negara, maka salah satu pembinaan mental yang dilakukan berkaitan dengan penguatan pemahamanakan ajaran agama.  Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk pembinaan mental rohani, strategi pembinaan, serta menganalisis kendala yang dihadapi dalam pembinaan mental rohani prajurit dan PNS Hindu Korem 162/Wira Bhakti dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengambilan data menggunakan meode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bentuk pembinaan mental rohani di Korem 162/Wira Bhakti  dimasa  pandemi menggunakan metode (1) Dharma Wacana, (2) Dharma Tula, (3) Dharma Gita, (4) Dharma Yatra. Strategi pembinaan mental berdasarkan pada fungsi komando yaitu: (1) dengan mencari dan meminta penyuluh agama yang bergantian agar tidak merasa jenuh, (2) dengan menggunakan sarana dan menyampaikan cerita-cerita agama, (3) Tema penyampaian dikemas sesuai kontek kekinian. Sedangkan kendala yang dihadapi dikarenakan tugas dinas yang tidak bisa ditinggalkan (tugas khusus) dari pimpinan, minimnya penyuluh yang berkompeten yang disiasati dengan solusi mengadakan kerjasama dengan Bidang Bimas Hindu, serta dengan memanfaatkan media online seperti media sosial Whatsapp.

References

Arifin, H.M. 1982. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan Dan Penyuluh Agama. Jakarta: Golden Tayaran Press.
Edkins, Jenny dan Williams, Nick Vaughan, 2010. Teori-teori Kritis Menantang Pandangan Utama Studi Politik Internasional.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Effendi, Yonif. 2009. Kondisi Jiwa Juang Prajurit TNI AD Dihadapkan dengan Krisis Ekonomi Global, Yudhagama Jurnal TNI AD. Jakarta.
Garna,J.K,1992, Teori-Teori Perubahan Sosial, Bandung : Program Pascasarjana Universitas Padjajaran.
George Ritzer Penyandur Ali Mandan, 1985. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda.Jakarta : CV Rajawali.
Giddens, Anthony, 2010. Teori Strukturasi Dasar-dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Girinata, I Made, 2020. Acara Agama Hindu 1. Denpasar : Universitas Hindu Indonesia.
Habermas, Jurgen, 2009. Teori Tindakan Komunikatif Kritik atas Rasio Fungsionalis.Yogyakarta : Kreasi Wacana.
Ilyas,A. 2016. Jurnal Studi Kritis Konsep dan Aplikasi Pembinaan Mental TNI AD.Bogor : FKIP Universitas Djuanda.
Margono, S. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
Ramdhan, A. M., & Sambas, S. 2018.. Peran Pembinaan Rohani terhadap Disiplin Prajurit. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam.
Ritzer, George & Smart, Barry. 2012. Handbook Teori Sosial. Bandung : Nusa Media.
Ritzer, George, 2014. Teori Sosiologi Modern (Edisi Ketujuh).Jakarta : Prenadamedia Group.
Robin, Stephen.1997. Teori Organisasi, Struktur, Design dan Aplikasinya. London : Prentice Hall Inc.
Sugiyono.2016. Metode Peneliian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhardi, Untung. 2018. Artikel Strategi Komunikasi Penyuluh Agama Hindu (Studi Pembinaan Umat Hindu di DKI Jakarta. Jakarta : Dharma Smrti Vol. 9 Nomor 2 Oktober 2018.
Published
2022-05-16