KOMUNIKASI MEDIA FILM WEB SERIES (ANALISIS ISI FILM “LITTLE MOM”)

  • Ni Luh Wiwik Eka Putri STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • I Gede Titah Pratyaksa STAHN MpuKuturan Singaraja
Keywords: Komunikasi Media, Analisis Isi, Film Little Mom

Abstract

Film Little Mom bercerita mengenai permasalahan yang sering dialami oleh para remaja, khususnya mereka yang mulai mengenal cinta. Pengawasan orang tua yang minim menyebabkan remaja rentan hamil diluar nikah. Analisis data menggunakan metode analisis isi. Adapun hasil penelitian antara lain pada adegan Naura dan Yuda sedang ciuman di dalam kamar terdapat pesan motivasi intrinsik, pesan motivasi insentif positif, pesan motivasi kebutuhan keamanan, pesan motivasi percaya diri. Pada adegan Naura memegang obat untuk menggugurkan kandungan terdapat pesan motovasi N-Ach, pesan motivasi N.Aff, pesan motivasi N-Ach. Pada adegan Yuda dan Naura datang ke dukun beranak terdapat pesan motivasi kebutuhan akan keamanan, pesan motivasi instrinsik.

References

Ardianto, Elvinaro dkk. 2007. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bonaventura Satya Bharata. 2011. Analisis Isi Kuantitatif, Sebuah Pengantar Untuk Penelitian Teks Komunikasi” dalam Mix Methodologi Dalam Penelitian Komunikasi. Aswad Ishak, et. al. (ed.). Badan Litbang ASPIKOM. Yogyakarta: Buku Litera.
Burhan Bungin, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Effendy, Onong Uchana. 1981. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya
Eriyanto. 2011. Analisis Isi (Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Kencana.
F. Hsieh and Shannon, S.E. 2005. Three Approaches to Qualitative Content Analysis. Thousand Oaks, California: Sage Publication
HNadirah, S. 2017. Peranan Pendidikan dalam Menghindari Pergaulan Bebas Anak Usia Remaja. Jurnal Vor Gender Studies, 9(1).
Idy Subandy Ibrahim, 2011. Budaya Populer sebagai Komunikasi; Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra.
Wanti, Irini Dewi. 2011. Sejarah Industri Perfilman di Sumatra Utara. Banda Aceh: BKSNT Banda Aceh.
K. Krippendorff. 2004. Content analysis: an introduction to its methodology (2nd ed.). London: Sage Publications.
Rochaniningsih, N. S. 2014. Dampak Pergeseran Peran dan Fungsi Keluarga pada Perilaku Menyimpang Remaja. Jurnal Pembangunan Pendidikan.
Sidik Jatmika, 2010. Genk Remaja, Anak Haram Sejarah ataukah Korban Globalisasi?, Yogyakarta, Kanisius.
Subandy Ibrahim. 2011. Budaya Populer sebagai Komunikasi; Dinamika Popscape dan. Mediascape di Indonesia Kontemporer, Yogyakarta: Jalasutra.
Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widjaja, A.W. 2002. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Published
2022-05-16