PERAN INSTAGRAM @EXPLORELOMBOK DALAM MEMBENTUK CITRA PARIWISATA PULAU LOMBOK

  • Ni Luh Senja Harining Pasraman Widya Giri Malaka
  • I Ketut Putu Suardana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: Instagram, @explorelombok, Citra Pariwisata, Media Sosial, Lombok, Promosi Wisata

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran akun Instagram @explorelombok dalam membentuk citra pariwisata Lombok. Instagram, sebagai salah satu platform media sosial yang dominan, memberikan ruang bagi destinasi wisata untuk memperkenalkan daya tariknya melalui konten visual. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis konten untuk mengevaluasi jenis konten yang diposting oleh akun @explorelombok dan dampaknya terhadap persepsi publik tentang Lombok sebagai destinasi wisata. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung terhadap postingan, interaksi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @explorelombok secara efektif menggunakan foto-foto berkualitas tinggi, video, dan Instagram Stories untuk menampilkan keindahan alam, budaya, dan aktivitas wisata di Lombok. Interaksi yang tinggi, ditandai dengan jumlah likes, komentar, dan shares, menunjukkan adanya keterlibatan pengguna yang signifikan. Konten yang konsisten dan estetis berhasil membangun citra positif dan menarik minat wisatawan potensial. Selain itu, penggunaan hashtag dan kolaborasi dengan influencer turut memperluas jangkauan promosi. Akun @explorelombok juga seringkali melakukan repost postingan orang lain sebagai konten. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Instagram @explorelombok memainkan peran penting dalam mempromosikan dan membentuk citra positif pariwisata Lombok. Rekomendasi diberikan kepada pengelola pariwisata untuk terus memanfaatkan media sosial dengan strategi yang inovatif dan berkelanjutan guna meningkatkan daya tarik dan kunjungan wisata ke Lombok.

References

Amanda, F. A. (2023). Pengaruh Motivasi Wisatawan , Sikap Wisatawan , Citra Destinasi , Media Sosial , Kualitas Lingkungan Terhadap Pilihan Destinasi Pengunjung Kawasan Wisata Pulau Mandeh. Innovative: Journal Of …, 3, 8311–8322. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4593%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/4593/3227
Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan Di Kota Palu. Kinesik, 9(2), 176–182. https://doi.org/10.22487/ejk.v9i2.327
Artana, I. M. P., & Suardana, I. K. P. (2022). Representasi Pemberitaan kompas.com Tentang Destinasi Wisata Mandalika. Communicare : Journal of Communication Studies, 3(1), 31–40.
Chaniago, S. W. P., & Prasetya, A. W. (2024). Lombok Masuk Daftar Destinasi Wisata Alam Terbaik Dunia 2024 Versi Tripadvisor. Kompas. https://travel.kompas.com/read/2024/01/14/120100927/lombok-masuk-daftar-destinasi-wisata-alam-terbaik-dunia-2024-versi
Fahrudin, A., Karlinah, S., & Agustin, H. (2020). Efektivitas Video Youtube “Wonderful Indonesia: a Visual Journey” Sebagai Sarana Promosi Pariwisata Indonesia. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 11–24. https://doi.org/10.35760/mkm.2020.v4i1.2492
Lubis, Y. S. R., & Rorong, M. J. (2023). Membangun Citra Pariwisata Kota Batam Melalui Analisis Konten Instagram @Batampromotion. SCIENTIA JOURNAL : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(5). https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i5.7559
Nugraha, Y. E., & Dami, K. (2021). Upaya Promosi Pariwisata Pantai Liman Dengan Pemanfaatan Media Sosial (Studi Kasus Pada Akun Instagram @pantailimansemau). JOURNEY, 4(1), 169–194.
Nuryani, Y., & Winata, A. Y. S. (2023). Mengukur Minat Berkunjung Kembali Atas Dasar Media Sosial Dan Citra Destinasi Wisata Pantai Lon Malang Di Sampang Madura. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen …, 3(4). https://journal.trunojoyo.ac.id/jkim/article/view/16916%0Ahttps://journal.trunojoyo.ac.id/jkim/article/download/16916/9098
Purwantoro, T., & Sukirno, Z. L. (2023). Komunikasi Krisis Kebijakan Karantina Hotel Terhadap Citra Pariwisata. Journal of Tourism and Creativity, 7(2), 113. https://doi.org/10.19184/jtc.v7i2.43157
Suardana, I. K. P. (2022a). Peran Media Online Firstlomboktour. Com Dalam Memasarkan Pariwisata Budaya Di Pulau Lombok. Waisya: Jurnal Ekonomi Hindu, 1(2), 148–157.
Suardana, I. K. P. (2022b). Peran Media Online Firstlomboktour.Com Dalam Memasarkan Pariwisata Budaya Di Pulau Lombok. Waisya: Jurnal Ekonomi, 1(2), 148–157.
Taupikurrahman, T., & Suwandana, E. (2022). Analisis Sektor Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Dampak MotoGP Mandalika. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 16(2), 163–185. https://doi.org/10.47608/jki.v16i22022.163-185
Thifalia, N., & Susanti, S. (2021). Produksi Konten Visual dan Audiovisual Media Sosial Lembaga Sensor Film. Jurnal Common, 5(1), 39–55. https://doi.org/10.34010/common.v5i1.4799
Wijayani, A., Ardhanariswari, K. A., & Pratiwi, K. W. (2023). Digital Branding Tourism Dan Perlindungan Merek Dagang Di Desa Wisata Bugisan Prambanan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta “Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan Di Era Society 5.0 Sebagai Implementasi Bela Negara“, 1–16.
Published
2024-02-01
How to Cite
Harining, N. L. S., & Suardana, I. (2024). PERAN INSTAGRAM @EXPLORELOMBOK DALAM MEMBENTUK CITRA PARIWISATA PULAU LOMBOK. Paryaṭaka Jurnal Pariwisata Budaya Dan Keagamaan, 2(2), 249-258. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/pyt.v2i2.1650
Section
Articles