PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU NEGERI GDE PUDJA MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai hubungan kualitas layanan, kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa di STAHN Gde Pudja Mataram, yang dilatar belakangi karena adanya peningkatan jumlah mahasiswa dan juga tingkat loyalitas mahasiswa yang tinggi kepada STAHN Gde Pudja Mataram sedangkan layanan yang diberikan masih banyak memiliki kekurangan. Jika dilihat dari konsep loyalitas, maka seharusnya ketika mahasiswa loyal berarti mahasiswa puas akan kualitas layanan yang diberikan oleh perguruan tinggi terkait. Maka dengan demikian, timbul pertanyaan bahwa dari berbagai layanan yang diberikan oleh STAHN Gde Pudja Mataram yang masih memiliki kekurangan, sudahkan memenuhi tingkat kepuasan mahasiswa? sehingga mahasiswa mampu memberikan loyalitas yang tinggi pada STAHN Gde Pudja Mataram.
Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STAHN Gde Pudja Mataram, dengan jumlah sampel 85 orang, serta pengambilan sampel menggunakan teknik stratifield random sampling. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : (1) kualitas layanan berpengaruh langsung positif secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien sebesar 0,435, (2) kualitas layanan berpengaruh langsung positif secara signifikan terhadap loyalitas mahasiswa dengan koefisien sebesar 0,251, (3) kepuasan mahasiswa berpengaruh langsung positif secara signifikan terhadap loyalitas mahasiswa dengan koefisien sebesar 0,215 serta, (4) kualitas layanan berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa di STAHN Gde Pudja Mataram dengan koefisien sebesar 0,094.
References
Hurriyati, Ratih. 2018. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).