PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU NEGERI GDE PUDJA MATARAM

  • Ni Nyoman Tri Thika Dewanthari
  • I Wayan Ardhi Wirawan
  • Ni Putu Listiawati
Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Mahasiswa, Loyalitas Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai hubungan kualitas layanan, kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa di STAHN Gde Pudja Mataram, yang dilatar belakangi karena adanya peningkatan jumlah mahasiswa dan juga tingkat loyalitas mahasiswa yang tinggi kepada STAHN Gde Pudja Mataram sedangkan layanan yang diberikan masih banyak memiliki kekurangan. Jika dilihat dari konsep loyalitas, maka seharusnya ketika mahasiswa loyal berarti mahasiswa puas akan kualitas layanan yang diberikan oleh perguruan tinggi terkait. Maka dengan demikian, timbul pertanyaan bahwa dari berbagai layanan yang diberikan oleh STAHN Gde Pudja Mataram yang masih memiliki kekurangan, sudahkan memenuhi tingkat kepuasan mahasiswa? sehingga mahasiswa mampu memberikan loyalitas yang tinggi pada STAHN Gde Pudja Mataram.

Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STAHN Gde Pudja Mataram, dengan jumlah sampel 85 orang, serta pengambilan sampel menggunakan teknik stratifield random sampling. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : (1) kualitas layanan berpengaruh langsung positif secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien sebesar 0,435, (2) kualitas layanan berpengaruh langsung positif secara signifikan terhadap loyalitas mahasiswa dengan koefisien sebesar 0,251, (3) kepuasan mahasiswa berpengaruh langsung positif secara signifikan terhadap loyalitas mahasiswa dengan koefisien sebesar 0,215 serta, (4) kualitas layanan berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa di STAHN Gde Pudja Mataram dengan koefisien sebesar 0,094.

References

Gaspersz, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurriyati, Ratih. 2018. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Published
2020-08-24
How to Cite
Dewanthari, N. N. T. T., Wirawan, I. W. A., & Listiawati, N. P. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU NEGERI GDE PUDJA MATARAM. Widya Sandhi, 10(2), 2040-2053. Retrieved from https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/WS/article/view/122
Section
Articles