PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN HINDU MELALUI MANAJEMEN KOMUNIKASIKOMUNITAS SARATI YAJNA PATNI

  • Prabadewi Made Ratih Ida Ayu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Kariana Putra I Nengah Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Widaswara Yulita Rieka Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Pramesti Dasih Ratna I Gusti Ayu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana manajemen komunikasi yang diterapkan oleh komunitas Sarati Yajna Patni di Kota Mataram mampu mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan Hindu. Pendekatan teoritis yang digunakan adalah strategi manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen komunikassi POAC dijalankan secara terstruktur dan kontekstual dalam komunitas ini. Perencanaan dilakukan secara partisipatif dengan mengacu pada kebutuhan dan potensi lokal berbasis budaya keagamaan Hindu. Pengorganisasian dilakukan melalui pembagian kerja yang inklusif berdasarkan keterampilan perempuan, sedangkan tahap pelaksanaan menekankan pada edukasi spiritual dan teknis yang terintegrasi. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pendekatan reflektif dan spiritual yang memperkuat rasa tanggung jawab kolektif. Komunikasi yang digunakan tidak hanya bersifat interpersonal kelompok, tetapi juga simbolik dan spiritual, menginternalisasi nilai-nilai dharma, karma yoga, dan sevanam ke dalam praktik ekonomi. Pemberdayaan yang dicapai mencakup peningkatan kapasitas personal, kemandirian finansial, dan partisipasi aktif perempuan dalam ranah sosial-keagamaan. Setiap tahap POAC saling terhubung dan memperkuat satu sama lain, menjadikan manajemen komunikasi sebagai pendorong utama transformasi sosial dan ekonomi. Komunitas Sarati Yajna Patni menjadi model nyata bahwa manajemen komunikasi berbasis POAC, bila dipadukan dengan nilai-nilai budaya dan spiritual lokal, mampu menciptakan gerakan pemberdayaan ekonomi perempuan yang berkelanjutan, bermakna, dan transformatif

References

Andari, I. A. M. Y., Wiguna, I. B. A. A., & Puspawati, S. (2023). Kontribusi Latar Belakang Pendidikan Terhadap Perkembangan Ekonomi Keluarga (Analisis Kritis). Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1), 60–74. https://doi.org/10.53977/jw.v2i1.945
Andini, U. H., Soeaidy, M. S., & Hayat, A. (2014). Dari Desa Tertinggal Menuju Desa Tidak Tertinggal ( Studi di Desa Muktiharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati ). Jurnal Administrasi Publik, 2(12), 7–11.
Annisagita Sungga Dirgantari, D. (2024). Dasar-Dasar Komunikasi. PT Media Penerbit Indonesia.
Aqilla, K., & Kamil, P. (2022). Dampak Pemisahan Kelas Berbasis Gender terhadap Komunikasi Antarpribadi dengan Lawan Jenis: Studi Kasus pada Ikatan Alumni PPI 76 Tarogong Garut. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRKPI/article/view/1431
Asmin, F. (2018). Budaya dan Pembangunan Ekonomi: Sebuah Kajian terhadap Artikel Chavoshbashi dan Kawan-Kawan. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(2), 190–212. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i2.516
Effendy, A. S., & Shabrina, A. (2024). Komunikasi Interaksi Simbolik Spoke Person Badja Coffee Dalam Meningkatkan Brand Awareness Lokalate. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 23(1), 108–120. https://doi.org/10.32509/wacana.v23i1.3569
I Gde Widya Suksma, I Gusti Ketut Widana, I. K. W. (2020). Ritual Hindu Dalam Perspektif Kontemporer. 2.
Jelantik, S. K. (2022). Etika Komunikasi Bisnis Sarati Banten Di Kota Mataram. Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 1(1), 35–46. https://doi.org/10.53977/jw.v1i1.459
Juliani, K., Suciani, N. N., Putu, D., Andini, A., & Widaswara, R. Y. (n.d.). Tri Hita Karana Sebagai Landasan Filsafat Komunikasi Dalam Pengembangan Desa Wisata: Perspektif Teori Interaksi Simbolik. 14–24.
Juwita, R., Taqiyuddin, M., Syarifah, S., Sunata, I., Chairiyah, U., Hapsari, D. C., Lusianawati, H., Pratiwi, E. A., & Hamidah, E. (2024). TEORI-TEORI Komunikasi.
Kariana, I. N. P. (2025). Pecanangan Pemayun Sebagai Komunikasi Simbolik Dalam Upacara Pawiwahan Umat Hindu Di Desa Suranadi. Samvada : Jurnal Riset Komunikasi, Media, dan Public Relation, 4(1), 72–81.
Purba Bonaraja, D. (2020). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Yayasan Kita Menulis.
Riinawati. (2019). Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Pustaka Baru.
Saridewi, D. P., Sudarma, I. M., Suparta, I. K., & Kariana, I. N. P. (2021). Pelatihan Membuat Banten Pejati bagi Masyarakat Desa Wisata Spiritual Suranadi Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Makardhi, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.52352/makardhi.v1i1.594
Suarjaya, I. N. A., Suardana, I. K. P., & Kariana, I. N. P. (2023). Memperkuat Moderasi Beragama Melalui Komunikasi Sosial Dalam Ritual Mulang Pakelem Di Gunung Rinjani Nusa Tenggara Barat ( Strengthening Religious Moderation Through Social Communication in the Mulang Pakelem Ritual At Mount Rinjani West Nusa Tenggara ). Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 14(1). https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v14i2.538
Sutama, I. W., & Prasiwi, I. G. A. P. Y. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Unilever Haircare Dalam Meningkatkan Minat Beli Pelanggan. In Jurnal Ekonomi (Vol. 1, hal. 12–25).
Utami, T. R. S. (2016). Dasar-Dasar Penyiaran. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Wayan, N., & Dharma, A. (n.d.). Implikasi Media Massa Terhadap Peran Generasi Z Dan Milenial Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Hijau. Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 40–56.
Wiasti, N. K. (2022). Penyuluhan Makna Filosofis Banten Bayekala Hari Raya Penampahan Galungan Pada WHDI Provinsi NTB. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 46–54.
Widana, I. N. M. (2018). Otoritas Manggala Yajna Dalam Pelaksanaan Upacara Keagamaan. Jayapangus Press.
Widaswara, R. Y., Dewi, N. P. S., Jelantik, S. K., Suardana, I. K. P., & Harnika, N. N. (2022). Pembinaan Potensi Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Generasi Muda Hindu Sadar Wisata. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 133–141. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i2.778
Yanti, N. Y. S. A. (2024). Peran E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumsi Dan. Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 28.
Published
2025-10-28
Section
Articles