TRANSFORMASI MANAJEMEN KESEHATAN HALAL: MENELISIK PELUANG, TANTANGAN, REGULASI, DAN STRATEGI RUMAH SAKIT SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Peningkatan permintaan terhadap layanan kesehatan yang sesuai prinsip-prinsip syariah mendorong kemunculan rumah sakit syariah sebagai bagian dari ekosistem halal nasional. Namun angka tersebut hanya mencapai 2,46 %. dibandingkan dengan jumlah total rumah sakit di Indonesia. Rumah sakit syariah hadir sebagai bentuk integrasi nilai-nilai Islam ke dalam manajemen layanan kesehatan, tidak hanya dalam aspek medis, tetapi juga dalam tata kelola, etika pelayanan, dan penggunaan produk halal. Artikel ini mengkaji transformasi manajemen rumah sakit syariah di Indonesia dengan menyoroti peluang strategis, tantangan implementatif, serta kebijakan yang mengiringi pengembangannya serta strategi untuk mengatasi tantangan.. Pendekatan manajemen mutu seperti SERVQUAL dan Total Quality Management (TQM), serta prinsip Good Corporate Governance dan maqaṣid al-syari‘ah menjadi landasan dalam membangun sistem yang profesional dan berkelanjutan. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif berbasis studi pustaka. Sumber data terdiri dari regulasi pemerintah, literatur ilmiah, laporan organisasi terkait industri halal, standar sertifikasi rumah sakit syariah dari MUKISI dan DSN-MUI serta media elektronik yang disesuaikan dengan tema penelitian. Terdapat peluang rumah sakit syariah, meliputi perspektif bisnis dengan pelayanan yang komprehensif dan Islami, mutu layanan tidak hanya segi teknis medis, tetapi juga dimensi spiritual, tata kelola berbasis nilai Islam, serta tinjuaan manajemen perubahan yang memungkinkan rumah sakit syariah untuk berkembang. Agar transformasi optimal, dibutuhkan langkah-langkah strategis yang meliputi diferensiasi dan segmentasi pasar, advokasi dan integrasi kebijakan, pengembangan SDM syariah terintegrasi, kolaborasi dan ekosistem halal, integratif SERVQUAL dan SJARS, shariah governance dan transparansi dan strategi transformasional.
References
Amin Makruf (2022), Wapres Dorong Pengembangan Industri Kesehatan Syariah, https://rm.id/baca-berita/nasional/114252/wapres-dorong-pengembangan-industri-kesehatan-syariah#:~:text=Pemerintah%20terus%20mendorong%20pengembangan%20industri%20kesehatan%20syariah,kekuatan%20ekosistem%20ekonomi%20dan%20keuangan%20syariah%20di
Ariyanti, Fajar (2015), Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Islam, Ciputat: UIN Press Syarif Hidayatullah
Astiwara, Endy Muhammad (2024), Integration of Sharia Principles in Islamic Hospital Management: Opportunities and Obstacles, International Journal of Science and Society, Vol 6, Issue 4 DOI: https://doi.org/10.54783/ijsoc.v6i4.1413
Buku Standar Sertifikasi Rumah Sakit Syariah versi 1441 Hujriyah (2020), MUKISI dan DSN MUI
CNBN Indonesia (2025), Daftar Negara Berpenduduk Muslim Terbesar di Dunia, RI Nomor Berapa? https://www.cnbcindonesia.com/research/20250312121233-128-617886/daftar-negara-berpenduduk-muslim-terbesar-di-dunia-ri-nomor-berapa#:~:text=Indonesia%20kini%20menjadi%20negara%20dengan,memiliki%20240%2C76%20juta%20Muslim.
Dataloka (2024), Jumlah Rumah Sakit di Indonesia 2024 Berdasarkan Kepemilikan, https://dataloka.id/humaniora/1956/jumlah-rumah-sakit-di-indonesia-2024-berdasarkan-kepemilikan/
DSN-MUI. (2016). Fatwa No. 107/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah.
Farodis, Zahrotu dan Mas’ud, Fuad (2020), Praktik Kepemimpinan Islam yang diharapkan oleh Karyawan (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan), Diponegoro Journal of Management, Vol 9 No 1, 1-12
Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) No.107/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah.
Haryanti, et all (2024), Analisis Manajemen Mutu Terpadu (TQM) Dalam Pelayanan Rumah Sakit (Studi Literature), Jurnal Riset Ilmu Farmasi dan Kesehatan Vol 2 No. 2, 108-127
Jabatan Standard Malaysia. (2014). MS 1900:2014 - Shariah-based quality management systems: Requirements with guidance. Department of Standards Malaysia.
Kementerian Kesehatan RI. (2022). Permenkes No. 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi Rumah Sakit.
Kementerian Kesehatan RI. (2023). Profil Rumah Sakit Indonesia.
KNEKS (2021), Sertifikasi RS Syariah bangun Kualitas Layanan Kesehatan dalam Negeri, https://www.kneks.go.id/berita/404/sertifikasi-rs-syariah-bangun-kualitas-layanan-kesehatan-dalam-negeri?category=1#:~:text=Kunjungan%20ini%20dilakukan%20dalam%20rangka,peningkatan%20pelayanan%20kesehatan%20dalama%20negeri
Lissa Rosdiana Noer (2016), Analisis Pengingkatan Kualitas Pelayanan Mahasiswa Magister Manajemen Teknologi ITS Surabaya dengan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Journal of Research and Technologies, Vol. 2, No. 1, Juni 2016, hal.36-43
Mathar, Ahmad Rifat (2024), Lembaga Bisnis Syariah : Bisnis Rumah Sakit Syariah, Makalah Kuliah Lembaga Bisnis Syariah dan Industri Halal, Magister Hukum Ekonomi Syariah Institut Ilmu Al Quran Jakarta, https://id.scribd.com/document/801382407/Lembaga-Bisnis-Syariah-Rumah-Sakit-Syariah
Mintzberg, Henry (2012), Managing the myths of health care, Health care leadership journal. https://mintzberg.org/sites/default/files/article/download/managing_the_myths_of_health_care.pdf#:~:text=is%20a%20system,that%20leaders%20are%20more
Mohamed, R., Abdullah, S., & Ismail, R. (2021). Islamic healthcare services in Malaysia: Legal and institutional frameworks. Journal of Islamic Health Studies, 6(2), 88–102.
Muhamad, N., Leong, V.S. & Mizerski, D. (2016). Consumer knowledge and religious rulings on products: Young Muslim consumer’s perspective. Journal of Islamic Marketing, 7 (1), hal 74-94 DOI:10.1108/JIMA-08-2014-0056
MUKISI (2018), Profil MUKISI https://mukisi.com/profil/#:~:text=Majelis%20Upaya%20Kesehatan%20Islam%20Seluruh,yang%20profesional%2C%20bermutu%20dan%20Islami.
MUKISI (2024) RS Syariah Makin Diminati, Ini Jumlahnya Sampai Hari Ini, https://mukisi.com/2251/rs-syariah-diminati-ini-jumlahnya/
MUKISI. (2023). Manual Sistem Jaminan Syariah Rumah Sakit. www.mukisi.com
Mulawarman, et all (2018). Akuntansi Syariah Untuk Rumah Sakit Teori, Prinsip, dan Praktik. Depok: Rajawali Press.
Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi Rumah Sakit
Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal.
Peraturan Presiden Nomor 153 Tahun 2024, Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal
Rochana Ruliyandari, Persepsi Masyarakat Terhadap Kebutuhan Pelayanan Rumah Sakit
Syariah di Kota Yogyakarta, Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 5 Nomor 3 Tahun 2020, 153-161, disadur https://afiasi.unwir.ac.id/index.php/afiasi/article/view/114
Sa’adah, Haqiqotus (2022), Konsep Rumah Sakit Syariah Dalam Transformasi Ekonomi Syariah, Jurnal Ekonomi Syariah, Vol 1 No 2, 152-175
Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit edisi 1.1 (SNARS Edisi 1.1), Jakarta: Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS)
Sumantri, arif et all (2024), Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Pada Rumah Sakit Islam Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Mutu Syariah, Jurnal Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika dan Masyarakat, Vol 24 No 1, DOI: https://doi.org/10.32382/sulo.v24i1.504
Syafaat, Abdul Kholiq et all (2023), Implementation of Shariah Hospital Management Fatwa and Good Corporate Governance Principles: Another Fact from Shariah Hospital, Jurnal Hukum Islam, Vol 21 No 2, 415-442, DOI: https://doi.org/10.28918/jhi_v21i2_08
Tjahjono, H. K. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Vsm Mm Umy
Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan
Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal
Widiastuti, Tika (2024), Standar Layanan Rumah Sakit Syariah dan Komitmen Religiusitas, https://unair.ac.id/standar-layanan-rumah-sakit-syariah-dan-komitmen-religiusitas/#:~:text=Penelitian%20ini%20menyimpulkan%20bahwa%20kepuasan,Selain%20itu%2C%20kualitas%20lingkungan%2C%20efisiensi





