STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK UNILEVER HAIRCARE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI PELANGGAN

  • I Wayan Sutama IAHN Gde Pudja Mataram
  • I Gusti Ayu Putu Yuanita Prasiwi IAHN Gde Pudja Mataram

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran produk Unilever haircare di Lotte Mart Mataram terhadap minat beli pelanggan. Metode yang digunakan dengan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Simpulan yang diperoleh yaitu strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan tim marketing Unilever Mataram menggunakan strategi pemasaran yang terintegrasi dengan memanfaatkan beragam media promosi yaitu dengan strategi pemasaran konvensional dan pemasaran melalui media baru. Pemasaran konvensional dilakukan dengan promosi ke agen-agen penjualan, mendatangi toko-toko yang menjual produk untuk memberikan edukasi secara langsung, mencetak brosur, pamflet dan menggunakan media mainstrem lainnya. Pemasaran melalui media baru dilakukan dengan optimalisasi promosi di media online seperti media massa, media internet, dan media sosial. Promosi dilakukan dengan pengelolaan akunt-akunt media sosial secara professional dan juga menampilkan testimoni produk haircare.

References

Assauri, Sofjan (2014). Manajemen Pemasaran (Edisi 1-13). Jakarta : Rajawali Pers
Atmoko, Prasetyo Hadi, T. (2018). Strategi pemasaran untuk Meningkattkan Volume Penjualan di Cavinton hotel yogyakarta. Journal Of Tourism, 1 (2). 83-96
Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta : Erlangga
Kotler,Philip,2000,Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall Intl, Inc New Jersey.
Creswell, J. W. (2019). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Setiadarma, D., & Wijaya, K. D. P. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN 10 DESTINASI PARIWISATA PRIORITAS “BALI BARU” DI KEMENTERIAN PARIWISATA REPUBLIK INDONESIA. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(6), 631-648.
Mujiati, D. W., Wibawa, B., Sylvia, C., & Purnamadani, T. H. (2020). INSTAGRAM: INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) SEBAGAI STRATEGI PENJUALAN BAGI MAKE UP ARTIS (MUA). Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(2), 211-224.
Shansis, Y. T., & Ratna, V. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK VIVELLE DI SHAN HAIR BEAUTY CARE. Sinteks: Jurnal Teknik, 8(1), 1-11.
SYAFIKARANI, A., IRAWAN, E., & RAHMAYADI, G. (2021). Persepsi Perempuan Terhadap Kecantikan dalam Kampanye Dove “Real Beauty Sketches” dalam Membentuk Positioning. REKA MAKNA: Jurnal Komunikasi Visual, 1(1), 49-57.
Winarko, H. B., Sihabudin, A., & Dua, M. (2020). strategi komunikasi pemasaran digital terpadu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis), 5(1), 58-68.
Wibowo, Lili Adi & Priansa, Donni Juni. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Referensi internet
https://www.Unilever.co.id/our-company/
https://www.Unilever.co.id/our-company/strategi-kami/
https://www.bps.go.id/publication/2021/12/16/703e54d3d8b85416db8c6b44/perempuan-dan-laki-laki-di-indonesia-2020.html
https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/warganet-meningkat-indonesia-perlu-tingkatkan-nilai-budaya-di-internet/
Published
2022-04-11
Section
Articles