Implementasi Kurikulum PAUD Berdasarkan Panduan Penyusunan Kurikulum 2013

  • Siti Winda Mariam Nabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ratna Anjani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucu Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deri Hendriawan Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Implementasi, kurikulum, pendidikan anak usia dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum yang terdapat di satuan PAUD berdasarkan panduan penyusunan kurikulum 2013 PAUD. Batasan dalam penelitian ini yaitu penulis mengumpulkan informasi, mengolah, dan menganalisis terkait implementasi dokumen kurikulum yang terdapat di satuan PAUD. Dokumen kurikulum PAUD yaitu Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Program Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Program Harian (RPPH), dan Penilaian Perkembangan Anak. Penelitian dilakukan di empat PAUD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian mengenai implementasi kurikulum PAUD berdasarkan panduan penyusunan kurikulum 2013 di empat PAUD, yaitu satu PAUD mendapat kategori cukup sesuai dan tiga PAUD lainnya mendapat kategori sesuai.

References

Anjani, R., Novianti, N., Nuraeni, C., Jannah, R., Nabila, S. W. M., & Widjayatri, R. D. (2023). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 3-4 Tahun. Journal of Early Childhood and Character Education, 3(1), 15-40. DOI: 10.21580/joecce.v3i1.12650

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.

Peraturan Pemerintah Pasal 3 ayat 2 No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Samiaji, M. H., Faziyah, M., & Rokhimawan, M. A. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 di TK Annur III Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 159-168. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.10150

Sari KM & Ain SQ. (2021). Analisis Kemampuan Guru Dalam Perencanaan Perangkat Pembelajaran Tematik di SDN 039 Air Terbit Kabupaten Kampar. Jurnal Guru PGSD kami , 6 (1), 36-43. DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.29433

Thabroni. (2022). Taksonomi Bloom (Revisi) dan Kata Kerja Operasional. Diakses pada 03 Juni 2023 dari https://serupa.id/taksonomi-bloom-revisi-dan-kata-kerja-operasional/

Noviana, D., Nisa’, T. F., & Karim, M. B. (2019). Tingkat Pengetahuan Guru PAUD tentang Kurikulum 2013. Jurnal PG-PAUD
Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 114–124. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6153

Wiguna, I. B. A. A. (2020). Implementasi Metode Hynoteaching Dalam Meningkatkan Mutu Aktivitas Belajar Siswa Di SMAN 7 Denpasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1204

Wiguna, I. B. A. A. (2021a). Kepemimpinan Kepala Sekolah PAUD Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 1(1), 221–233.

Wiguna, I. B. A. A. (2021b). Strategi Guru PAUD Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. In Potret Pendidikan Dan Guru Di Masa Pandemi Covid-19 (pp. 122–139). CV. Edu Publisher.

Wiguna, I. B. A. A., & Oka, A. A. G. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Era Distrupsi. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.991
Published
2024-01-31
How to Cite
Nabila, S. W. M., Anjani, R., Nuraeni, C., & Hendriawan, D. (2024). Implementasi Kurikulum PAUD Berdasarkan Panduan Penyusunan Kurikulum 2013. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 84-99. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1012
Section
Articles