Implementasi Kurikulum PAUD Berdasarkan Panduan Penyusunan Kurikulum 2013
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum yang terdapat di satuan PAUD berdasarkan panduan penyusunan kurikulum 2013 PAUD. Batasan dalam penelitian ini yaitu penulis mengumpulkan informasi, mengolah, dan menganalisis terkait implementasi dokumen kurikulum yang terdapat di satuan PAUD. Dokumen kurikulum PAUD yaitu Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Program Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Program Harian (RPPH), dan Penilaian Perkembangan Anak. Penelitian dilakukan di empat PAUD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai implementasi kurikulum PAUD berdasarkan panduan penyusunan kurikulum 2013 di empat PAUD, yaitu satu PAUD mendapat kategori cukup sesuai dan tiga PAUD lainnya mendapat kategori sesuai.
References
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
Peraturan Pemerintah Pasal 3 ayat 2 No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Samiaji, M. H., Faziyah, M., & Rokhimawan, M. A. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 di TK Annur III Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 159-168. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.10150
Sari KM & Ain SQ. (2021). Analisis Kemampuan Guru Dalam Perencanaan Perangkat Pembelajaran Tematik di SDN 039 Air Terbit Kabupaten Kampar. Jurnal Guru PGSD kami , 6 (1), 36-43. DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.29433
Thabroni. (2022). Taksonomi Bloom (Revisi) dan Kata Kerja Operasional. Diakses pada 03 Juni 2023 dari https://serupa.id/taksonomi-bloom-revisi-dan-kata-kerja-operasional/
Noviana, D., Nisa’, T. F., & Karim, M. B. (2019). Tingkat Pengetahuan Guru PAUD tentang Kurikulum 2013. Jurnal PG-PAUD
Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 114–124. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6153
Wiguna, I. B. A. A. (2020). Implementasi Metode Hynoteaching Dalam Meningkatkan Mutu Aktivitas Belajar Siswa Di SMAN 7 Denpasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1204
Wiguna, I. B. A. A. (2021a). Kepemimpinan Kepala Sekolah PAUD Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 1(1), 221–233.
Wiguna, I. B. A. A. (2021b). Strategi Guru PAUD Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. In Potret Pendidikan Dan Guru Di Masa Pandemi Covid-19 (pp. 122–139). CV. Edu Publisher.
Wiguna, I. B. A. A., & Oka, A. A. G. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Era Distrupsi. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.991

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).