Analisis Bibliometrik: Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Di PAUD

  • Aida Aqliya Dzakkiyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Indira Sofy Anggraini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ratna Anjani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sinta Chairani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Esya Anesty Mashudi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis bibliometrik terhadap artikel-artikel yang membahas penerapan model pembelajaran blended learning di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Metode bibliometrik digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola publikasi, penulis yang paling produktif, jurnal yang paling banyak mempublikasikan artikel terkait, serta tren penelitian terkait penerapan blended learning di PAUD. Melalui pengumpulan data dari berbagai sumber, termasuk basis data jurnal ilmiah dan indeks sitasi, artikel-artikel yang relevan dengan topik ini diidentifikasi dan dianalisis. Data bibliometrik yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode deskriptif dan statistik. Hasil analisis bibliometrik ini memberikan wawasan yang penting tentang perkembangan penelitian terkait penerapan blended learning di PAUD. Temuan-temuan ini dapat memberikan landasan untuk penelitian lebih lanjut, membantu pengembangan kebijakan pendidikan, serta memandu praktisi dalam menerapkan model pembelajaran yang efektif di lingkungan PAUD. Penelitian ini juga menyoroti potensi blended learning sebagai pendekatan yang relevan dan efektif dalam konteks PAUD. Analisis bibliometrik ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan anak usia dini dan memperluas pemahaman kita tentang penerapan blended learning di tingkat pendidikan ini.

References

Agustini, T., & Zaharuddin, Z. (2021). Implementation of the Blended Learning Method at RA Miftahul Huda during The Covid-19 Pandemic. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i2.8512

Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Farisia, H., & Khoirulliati, K. (2020). Trend Pola Asuh Orang Tua dalam Pendampingan Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 97–108. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.915

Dissriany Vista Banggur, M., & Situmorang, R. (n.d.). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia.

Eriani, E., & Amiliya, R. (n.d.). Blended Learning: Kombinasi Belajar Untuk Anak Usia Dini di Tengah Pandemi. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-ash-syibyan

Fajriyah,L; Amala, N. (2020). Blended Learning Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Lathifatul Fajriyah 1), Nisa’el Amala 2). 1, 207–217. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn

Hijriyani, Y. S., & Saprialman, S. (2021). Model Blended Learning : Alternatif Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 153–164. https://doi.org/10.35719/gns.v2i2.52

Karlina, S., & Sudarman, A. (n.d.). Implementasi Blended Learning pada Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19 (Vol. 5).

Mayar, F., Desmila, D., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Uzlah, U. (2022). Blended Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini: Implementasi dan Tantangannya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4347–4358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2654

Mulyaniapi, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Pada Kualitas Layanan Akademik Di Tingkat PAUD (RA Persis 282 Al Hidayah Kota Bandung). AL-IBANAH, 7(2). https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.100

Nazrah, E., 1, P., Purba, H., & Adawiyah, H. (n.d.). Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Covid-19 di PAUD

Adinda Kota Tebing Tinggi. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4, 2655–6561. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2

Nur Miyanti, I. (2021). Blended Learning Menggunakan Whatsapp Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 8, Issue 1).

Nurhasdian, N., Arief, Z. A., Waspodo, M., Pendidikan, T., Pascasarjana, S., Ibn, U., & Bogor, K. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Dan Aktivitas Belajar Melalui Pembelajaran Blended Learning Dengan Metode Home Visit Pada Peserta Didik Kelompok B Paud Pelangi Megamendung Kabupaten Bogor (Vol. 10, Issue 2). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK

Nurwindayani, E., Pantan, F., Marbun, P., Gamaliel Surakarta, S., & Bethel Indonesia, S. (2021). Rancangan Blended Learning Berbasis Storytelling Pada Pembelajaran Agama dan Moral untuk PAUD Kristen di Surakarta. In Copyright©. http://sophia.iakn-toraja.ac.id

Permasih, D. (2021). Blended Learning Untuk Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. 1(1), 2549–8371. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8758

Sibualamu, K. Z., Mustafa, S. R., & Wahyuni, E. (2022). Pengembangan Edukasi Deteksi Dini Penyimpangan Perilaku Emosional Anak Prasekolah dengan Metode Blended Learning pada Guru PAUD. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(1), 761–771. https://doi.org/10.31539/jks.v6i1.4686

Sidabutar, D. (2022). Analisis Bibliometrik Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Menggunakan VOSViewer. Educatio, 17(2), 165–177. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9435

Silvianetri, S., Irman, I., Zulfikar, Z., Zubaidah, Z., & Gusria, W. (2022). Penanaman Nilai kejujuran dan implikasinya pada konseling di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4783–4793. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2685

Wasito, N. (2022). Pengembangan Model Diklat Blended Learning Untuk Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Paud Di Balai Pengembangan Paud Dan Dikmas Provinsi Lampung. Universitas Lampung.
Published
2023-07-21
How to Cite
Dzakkiyah, A., Anggraini, I. S., Anjani, R., Chairani, S., & Mashudi, E. A. (2023). Analisis Bibliometrik: Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Di PAUD. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 21-31. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i1.1066
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)