Analisis Bibliometrik: Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Di PAUD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis bibliometrik terhadap artikel-artikel yang membahas penerapan model pembelajaran blended learning di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Metode bibliometrik digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola publikasi, penulis yang paling produktif, jurnal yang paling banyak mempublikasikan artikel terkait, serta tren penelitian terkait penerapan blended learning di PAUD. Melalui pengumpulan data dari berbagai sumber, termasuk basis data jurnal ilmiah dan indeks sitasi, artikel-artikel yang relevan dengan topik ini diidentifikasi dan dianalisis. Data bibliometrik yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode deskriptif dan statistik. Hasil analisis bibliometrik ini memberikan wawasan yang penting tentang perkembangan penelitian terkait penerapan blended learning di PAUD. Temuan-temuan ini dapat memberikan landasan untuk penelitian lebih lanjut, membantu pengembangan kebijakan pendidikan, serta memandu praktisi dalam menerapkan model pembelajaran yang efektif di lingkungan PAUD. Penelitian ini juga menyoroti potensi blended learning sebagai pendekatan yang relevan dan efektif dalam konteks PAUD. Analisis bibliometrik ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan anak usia dini dan memperluas pemahaman kita tentang penerapan blended learning di tingkat pendidikan ini.
References
Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Farisia, H., & Khoirulliati, K. (2020). Trend Pola Asuh Orang Tua dalam Pendampingan Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 97–108. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.915
Dissriany Vista Banggur, M., & Situmorang, R. (n.d.). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia.
Eriani, E., & Amiliya, R. (n.d.). Blended Learning: Kombinasi Belajar Untuk Anak Usia Dini di Tengah Pandemi. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-ash-syibyan
Fajriyah,L; Amala, N. (2020). Blended Learning Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Lathifatul Fajriyah 1), Nisa’el Amala 2). 1, 207–217. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn
Hijriyani, Y. S., & Saprialman, S. (2021). Model Blended Learning : Alternatif Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 153–164. https://doi.org/10.35719/gns.v2i2.52
Karlina, S., & Sudarman, A. (n.d.). Implementasi Blended Learning pada Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19 (Vol. 5).
Mayar, F., Desmila, D., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Uzlah, U. (2022). Blended Learning untuk Pendidikan Anak Usia Dini: Implementasi dan Tantangannya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4347–4358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2654
Mulyaniapi, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Pada Kualitas Layanan Akademik Di Tingkat PAUD (RA Persis 282 Al Hidayah Kota Bandung). AL-IBANAH, 7(2). https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.100
Nazrah, E., 1, P., Purba, H., & Adawiyah, H. (n.d.). Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Covid-19 di PAUD
Adinda Kota Tebing Tinggi. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4, 2655–6561. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2
Nur Miyanti, I. (2021). Blended Learning Menggunakan Whatsapp Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 8, Issue 1).
Nurhasdian, N., Arief, Z. A., Waspodo, M., Pendidikan, T., Pascasarjana, S., Ibn, U., & Bogor, K. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Dan Aktivitas Belajar Melalui Pembelajaran Blended Learning Dengan Metode Home Visit Pada Peserta Didik Kelompok B Paud Pelangi Megamendung Kabupaten Bogor (Vol. 10, Issue 2). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK
Nurwindayani, E., Pantan, F., Marbun, P., Gamaliel Surakarta, S., & Bethel Indonesia, S. (2021). Rancangan Blended Learning Berbasis Storytelling Pada Pembelajaran Agama dan Moral untuk PAUD Kristen di Surakarta. In Copyright©. http://sophia.iakn-toraja.ac.id
Permasih, D. (2021). Blended Learning Untuk Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. 1(1), 2549–8371. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8758
Sibualamu, K. Z., Mustafa, S. R., & Wahyuni, E. (2022). Pengembangan Edukasi Deteksi Dini Penyimpangan Perilaku Emosional Anak Prasekolah dengan Metode Blended Learning pada Guru PAUD. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(1), 761–771. https://doi.org/10.31539/jks.v6i1.4686
Sidabutar, D. (2022). Analisis Bibliometrik Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Menggunakan VOSViewer. Educatio, 17(2), 165–177. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9435
Silvianetri, S., Irman, I., Zulfikar, Z., Zubaidah, Z., & Gusria, W. (2022). Penanaman Nilai kejujuran dan implikasinya pada konseling di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4783–4793. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2685
Wasito, N. (2022). Pengembangan Model Diklat Blended Learning Untuk Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Paud Di Balai Pengembangan Paud Dan Dikmas Provinsi Lampung. Universitas Lampung.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).