Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru

  • Ratna Anjani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Esya Anesty Mashudi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: parental involvement, early childhood education, school program, rasch model.

Abstract

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan sangat mempengaruhi proses belajar anak, baik di sekolah maupun di rumah. Adanya kontribusi  orang tua  dapat mengoptimalkan kemampuan belajar anak dan  berdampak pada tahap selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini berdasarkan hasil survei persepsi terkait tingkat keterlibatan mereka dalam program pelibatan orang tua yang terdapat di satuan PAUD. Selain itu, untuk mengetahui tingkat resiliensi setiap keluarga peserta didik dan mengetahui bentuk kegiatan pelibatan orang tua yang diimplementasikam di beberapa satuan PAUD yang terdapat di Kota serang Banten. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua peserta didik dan guru PAUD.  Sampel penelitian diambil menggunakan sampel non-probabilitas dengan teknik random sampling, sehingga didapatkan 152 responden. Pengumpulan data didapatkan dari penyebaran instrumen persepsi tingkat resilensi keluarga dan tingkat keterlibatan dalam program pelibatan orang tua di PAUD serta Focus Group Discussion (FGD) bersama guru-guru pada sekolah yang dijadikan responden. Analisis pengolahan data statistika deskriptif dilakukan menggunakan Microsoft Exel  serta berdasarkan hasil Focus Group Discussion (FGD). Statistika deskriptif yang diukur mencakup rata-rata dan standar deviasi. Hasil dari analisis data dikategorikan dan dicari jumlah presentasenya. Untuk skala pelibatan orang tua dalam PAUD dan reseliensi keluarga peserta didik di satuan PAUD dibuat menjadi 5 kategori, yaitu sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Sedangkan, untuk perspektif guru terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak dibuat menjadi 3 kategori, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Adapun hasil analisis data Berdasarkan identifikasi tingkat resiliensi keluarga peserta didik di ke 8 lembaga PAUD dan tingkat keterlibatan orang tua dalam program pelibatan orang tua yang diselenggarakan oleh ke 8 lembaga PAUD rata-rata berada dikategori sedang ke tinggi. Hal tersebut memberikan indikasi bahwa para orang tua peserta didik memandang keluarganya telah mampu bekerja sama sebagai tim untuk menghadapi berbagai kesulitan hidup dengan cukup efektif dan mampu memaksimalkan pemanfaatkan faktor-faktor protektif yang dimiliki untuk membantu mengatasi situasi sulit atau faktor-faktor resiko. Orang tua telah cukup berperan dalam mendukung dan menfasilitasi kehidupan dan perkembangan anak mereka.

References

Andari, I. A. M. Y., & Widyasari, I. A. P. G. (2022). Pendampingan Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01). https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i01.623

Andari, I. A. M. Y., Wiguna, I. B. A. A., & Puspawati, S. (2023). Kontribusi Latar Belakang Pendidikan Terhadap Perkembangan Ekonomi Keluarga (Analisis Kritis). Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1). https://doi.org/10.53977/jw.v2i1.945

Anjani, R., Novianti, N., Nuraeni, C., Jannah, R., Nabila, S. W. M., & Widjayatri, R. D. (2023). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 3-4 Tahun. Journal of Early Childhood and Character Education, 3(1), 15-40. DOI: https://doi.org/10.21580/joecce.v3i1.12650

Asmawati, A., Listiana, A., & Romadona, N. F. (2019). Ketelibatan Orangtua Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Belajar Anak. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 15(2), 86-94. DOI : https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20603

Bariyah, S. K. (2019). Peran tripusat pendidikan dalam membentuk kepribadian anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 228-239. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3043

Guntari, D., Rahayu, M. S., & Khasanah, A. N. (2020). Studi Deskriptif Tentang Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan di TK X Bandung. Prosiding Psikologi, 6(2), 720-724. DOI : http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24386
Hendrayu, V. F., Kinanthi, M. R., & Brebahama, A. (2017). Resiliensi Keluarga Pada Dual Career Family. Schema: Journal of Psychological Research, 104-115. DOI: https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.3387

Herdiana, I. (2019, Juli). Resiliensi keluarga: Teori, aplikasi dan riset. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (Vol. 1, No. 1, pp. 1-12). Diakses dari: http://journal.umg.ac.id/index.php/proceeding/article/view/891

Hornby, G. (2011). Parental involvement in childhood education: Building effective school-family partnerships (Vol. 53, No. 9). New York: Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-4419-8379-4

IAMY Andari, IBAA Wiguna, N. A. (2022). The Use Of Flashcards Teaching Strategy In Recalling English Vocabulary. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 1(1), 4–13.

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214-224. DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program parenting untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya keterlibatan orang tua di PAUD. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8-17. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064

Mahasiswa. (2023). Pelibatan Orang Tua dalam PAUD. Serang: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Serang.

Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663-3674. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628

Ni Made Arini, I. B. A. A. W. (2021). Hambatan Dan Kendala Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pasca Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 343–357.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137. DOI : https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Remaja, P. S. K. (2021). Kebutuhan Pendidikan Seksual Pada Remaja: Berdasarkan Survei Persepsi Pendidikan Seksual Untuk Remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(01). DOI : http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1170

Sunariyadi, N. S., & Andari, I. A. M. Y. (2021). Implikasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Karakter Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 1(1), 49-60.
Sumaryati, D., Halida, H., & Yuniarni, D. (2018). Program Kemitraan Satuan Paud Dengan Keluarga Di Paud Al Fikri Pontianak Utara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(10). DOI : http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i10.29163

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiguna, I. B. A. A. (2020). “Paradoks Stockdale” Sebagai Langkah Preventif Dalam Penanganan Kepanikan Pandemi Covid-19 (Perspektif Bimbingan Konseling Preventif). In COVID-19: Perspektif Agama dan Kesehatan (book chapt, pp. 83–96). Yayasan Kita Menulis.

Wiguna, I. B. A. A. & Sunariyadi, N. S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 328-341.

Wiguna, Ida Bagus Alit & Ekaningtyas, N. L. D. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Daring Di Rumah. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 86-95. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/2141

Wijayanti, R. M. (2018). Pelibatan Orangtua Dalam Program Sekolah Di Tk Budi Mulia Dua Sedayu Bantul Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(3), 273-283. Diakses dari https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/11066
Published
2024-01-31
How to Cite
Anjani, R., & Mashudi, E. A. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 110-127. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1246
Section
Articles