Strategi Guru PAUD Mengatasi Keterbatasan Alat Permainan Edukatif untuk Perkembangan Anak Di TK NUR ALIFA
Abstract
Meskipun para pendidik telah mengetahui bahwa pendekatan yang tepat bagi anak di masa emasnya adalah dengan bermain yang disebut dengan mainan edukatif (Edu-Toys). Akan tetapi, masih banyak satuan taman kanak-kanak yang fasilitasnya belum memadai untuk memenuhi kebutuhan Edu-Toys, yang menjadi penyebab munculnya fenomena terbatasnya Edu-Toys, di saat seperti ini guru dituntut untuk memiliki kreativitas dan inovasi dalam menyiasati fenomena tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana guru dapat menyiasati strategi pembelajaran agar perkembangan anak tetap optimal meskipun sekolah tidak memiliki Edu-Toys yang memadai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dimana data akan disajikan dengan gaya deskriptif. Metode pengumpulan informasi adalah dengan wawancara. Penelitian ini menunjukkan hasil yang dapat digunakan oleh para pendidik menghadapi fenomena serupa di luar sana. Hasil penelitian ini adalah pentingnya Edu-Toys bagi perkembangan anak, alasan umum yang menyebabkan keterbatasan Edu-Toys di sekolah, peran Edu-Toys dalam pembelajaran taman kanak-kanak, strategi menyiasati keterbatasan Edu-Toys dan penggunaan teknologi untuk menyiasati strategi tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hasilnya pasti dapat memberikan kontribusi besar terhadap strategi guru, terutama bagi guru yang mengalami fenomena serupa.
References
Ambarwati, D. (2019). Ketersediaan dan Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak Gugus Sido Mukti, Mantrijon, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Paud S-1. 10(2). 159-164. https://id.scribd.com/document/687370605/17778-38777-1-SM
Andriani, J., & Daryanti. M. E. (2021). Pengaruh Penggunaan APE Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini: Studi Literatur. Research in Early Childhood Education and Parenting, 2(1). https://doi.org/10.17509/recep.v2il.30670
Ashadi. (2022). Pentingnya Alat Permainan Edukatif terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di RA Al-Furqan Madina. Jurnal Pengabdian Sosial, 4(1), 50-58. https://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps/article/118/128/732
Atabek, O. (2019). Challenges in Integrating Technology into Education. arXiv preprint arXiv:1904.06518. https://doi.org/10.48550/arXiv.1904.06518
Baharun, H., Zamroni. Z Amir, A., & Saleha, L. (2021). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). 1382-1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763
Bulava, Ana’. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif dari Barang Bekas sebagai Inovasi Guru PAUD. Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Dewi, M. K. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/1033367/piaud.v1i1.1564
Dewi, S., & fitriani, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Obsesi: Jurnal pendidikan Anak Usia Dini. 7(3), 1594-1600. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/8341/6477
Efastri, S. M., Bastian, A., & Suharni. (2023). Sosialisasi Daur Ulang Bahan Bekas Untuk Pembuatan APE di HIMAPAUDO Rumbai Kota Pekanbaru. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67-73. https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimas/article/view/63476
Farah, W., Andriani, Y., Yana, R., Wibawa, Y., Sari, W. W. (2024). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Smart Cupboard terhadap Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Gifted: Journal of Early Childhood Education, 2(1). https://gifted.or.id/index.php/gifted/article/view/10
Fatimah, I. J., & Widyasari, C. (2025). Pengaruh Alat Permainan edukatif (APE) Papan Gembira terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Udia Dini, 6(1), 339-348. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/download/1196/463/5766
Handayani, D., Ernawati, E., & Mulyati, Y. (2021). Kendala Guru dalam Pengelolaan APE Outdoor di TK Se-Gugus Terarai, Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Educhild, 1(1). https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/7739
Hasbi, M., Wahyuni, M., Kurniati, E., Muis, A., Mirawati, M., Syamsiatin, E., Islamiyah, R., & Justicia, R. (2021). Panduan Pemilihan, Pembuatan, dan Pemanfaatan APE Secara Mandiri. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://repositori.kemdikbud.go.id/25122/
Hashipah, H., Nur, L., & Purwati. (2024). Pemanfaatan APE geometri dalam meningkatkan kemampuan 3M (Mengenal, Menyebut, dan Mencocokkan) pada Anak di TK PGRI Saruwangi Kabupaten Tasimalaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://edu.pubmedia.id/index.php/paud/article/view/1283
Hayati, L., Husnaini, N., & Qadafi, M. (2021). Problematika Penggunaan Alat Permainan Edukatif pada Pembelajaran di PAUD Al-Jihadul dan PAUD An-Nur Kabupaten Lombok Timur. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1). 52-62. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/IEK/article/view/3445
Ixfina, F. D., & Kusuma, P. S. B. (2022). Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media APE (Alat Permainan Edukatif) di MI Yatabu Surabaya. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.36781/khidmatuna.v2i1.398
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera.
Lestari, E., Wulandari, R. S., Purnama, A. P. S., & Arifin, M. Z. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai APE dalam Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Guru PAUD Gugus Kharisma Ponorogo. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 7(1). https://doi.org/10.30869/jag.v7i1.1313
Mulyani, Novi. (2016). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Mustika, N., & Suyadi. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052-2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889
Pratiwi, L. A., & Auliya, A. (2023). Pemanfaatan Video Tutorial Youtube untuk Alat Bantu Mengajar Guru. EduCendikia: Jurnal Pendidikan, 1(3), 103-112. https://doi.org/10.61190/educendikia.v1i.1429
Rachmawati, R. (2023). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usisa dini. Bulletin of Counselling and Psychoterapy, 4(2). https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293
Ramadhanti, N. S. (2021). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Bopincu dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Emas, 1(1). https://online-journal.uinja.ac.id/jpe/article/view/1654
Sayekti, T., Silvia, A., & Kamiliya, K.D. (2020). Pendekatan Praktek APE dalam afektivitas perkembangan di anak usia dini. Nirmana Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 6(2), 45-54. https://jurnal.intekom.id/index.php/njms/article/view/1219
Setyaningsih. T Sri, A. (2021). Alat Permainan Edukatif Lego Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendikia Utama, 10(2). https://jurnal.stikescendikiautamakudus.ac.id/index.php/stikes/article/view/757
Sit, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. ePrints UMS. https://eprints.umsac.id/
Situmeang, T. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengatasi Keterbatasan sarana Belajar Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).