Pengembangan Media Gatuko Berbasis Aplikasi Android Untuk Mengenalkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini
Abstract
Mengembangkan dan mengajarkan perilaku tanggung jawab sejak dini sangat penting yang disesuaikan dengan batas kemampuan anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan keefektifan media Gatuko berbasis aplikasi android untuk mengenalkan sikap tanggung jawab pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wilcoxon match pairs. Hasil penilaian para ahli memperoleh skor 95% dari ahli materi, dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 93,75% sedangkan dari uji coba guru mendapatkan nilai sebesar 100% dan 95.8%. Berdasarkan hasil efektivitas didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) adalah sebesar 0,001 sehingga p < 0,05 atau 0,001 < 0,05, karena hasil dari nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan rata-rata antara pretest dengan posttest yang mengalami kenaikan nilai skornya sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Gatuko berbasis aplikasi android efektif digunakan untuk mengenalkan sikap tanggung jawab mentaati aturan di sekolah pada anak usia 5-6 tahun.
References
Akbar, Qurrotul’ayun, Satriyani, Widodo, Paranimmita & Ferisa. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167.
Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Juniarti, Y. (2021). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Dalam Membentuk Karakter Anak. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 16(1), 26-34.
Kurnia, M. B. (2018). Pemanfaatan Unity Dalam Perancangan Game Simulasi Pemeliharaan Hewan Bagi Anak Usia Dini Berbasis Android. J-INTECH (Journal of Information and Technology), 6(02), 202-207.
Kurinasih, I., dan Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan Surabaya: Kata Pena.
Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202.
Ma’ruf, F. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Flash Sebagai Sarana Belajar Siswa PAUD. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 143–147.
Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109-114.
Milala, H. F., & Agung, A. I. (2022). Keefektifan Dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(2), 195-202.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
Priyatno, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Mediakom.Riadi, E. (2015). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Riduwan & Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, konomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Rohayah, S., Sasmito, G. W., & Somantri, O. (2015). Aplikasi Steganografi Untuk Penyisipan Pesan. Jurnal Informatika Ahmad Dahlan, 9(1), 102820.
Salsabila, J. dan N. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age, 5(01), 111–118.
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110-121.
Saroinsong, W. P., Imara, F. U., Simatupang, N. D., & Maulidiyah, E. C. (2021). The Effectiveness Of M-Puzzle Toward Preschooler Spatial Skill. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 6(2).
Simarmata, J., Sibarani, C. G. G. T., & Silalahi, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybird Learning. Yayasan Kita Menulis.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada (Rajawali Press).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukanto, P. sokibi, & Ady Widjaja. (2020). Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Untuk Sdit Sabilul Qur’an Cendikia. Jurnal Bahasa Rupa, 3(2), 83–94.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1).
Uzunboylu, H., & Koşucu, E. (2017). Comparison and Evaluation of Seels &Glasgow and Addie Instructional Design Model. International Journal of Sciences
Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1).
Wulandari, A. D., Sumarni, S., & Rahelly, Y. (2018). Pengembangan Game Maze Berbasis Media Interaktif Sesuai Tema untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Izzudin Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 81-92.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta : Prenada Media Group.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).