Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Usia Dini
Abstract
Generasi muda adalah masa depan bangsa, oleh karena itu mereka perlu bermoral tinggi dalam interaksi sosialnya. Tujuan pembelajaran IPS yitu untuk meningkatkan pengetahuan, dan kemampuan analisis peserta sekaligus mendidik mereka tentang norma norma masyarakat. Peran sekolah sangat penting untuk pengembangan karakter, terutama di usia muda. Agar lebih efektif dalam membangun karakter, sekolah sebagai lembaga formal perlu ditata untuk pelaksanaan pembelajaran IPS konseptual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pendidikan karakter dalam pembelajaran sosial. Penelitian ini menggunakan literature review dengan literature review. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan cara peneliti meneliti beberapa bahan bacaan dari berbagai sumber, serta artikel jurnal, dokumen, dan berbagai bahan pendidikan lainnya yang secara khusus membahas topik yang dibahas dalam artikel ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa dapat diajarkan atau dikembangkan lebih lanjut melalui mata pelajaran IPS. Penerapan pendidikan karakter tentunya melalui fase-fase yang berbeda dalam pembelajaran sosial yang berkesinambungan.
References
Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Prenada Media.
Andari, I. A. M. Y., Wiguna, I. B. A. A., & Puspawati, S. (2023). Kontribusi Latar Belakang Pendidikan Terhadap Perkembangan Ekonomi Keluarga (Analisis Kritis). Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1). https://doi.org/10.53977/jw.v2i1.945
Arta wiguna, I. bagus alit. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(2), 66. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.13006
Asnawan, A. (2020). Exploring Education Character Thought of Ki Hajar Dewantara and Thomas Lickona. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 3(3). https://doi.org/10.33648/ijoaser.v3i3.83
Dharmayana, I. W. B., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Peran Pendidikan Pramuka Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Anak. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 56–70.
Elfindri. (2012). Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode, Dan Aplikasi Untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta : Baduose Media.
Hermino, I. A. (2022). Pengelolaan Kurikulum Berbasis Karakter. CV. AZKA PUSTAKA.
Kosim, M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. Karsa: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 84–92. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/karsa/article/view/78
Lestari, N. W. R., & Andari, I. A. M. Y. (2023). Implementasi Pendekatan Seni Kolase Dalam Menstimulasi Keterampilan Abad Ke-21 pada Anak Usia Dini. Widya Sundaram: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.1044
Lickona, T. (1996). Eleven principles of effective character education. Journal of Moral Education, 25(1), 93-100.
Lickona, T. (1997). Educating for character: A comprehensive approach. Teachers College Record, 98(6), 45-62.
Lickona, T. (2003). Pendidikan Karakter ; Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung : Nusa Media.
Lickona, T. (2012). Character Matters. Jakarta : Bumi Aksara.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Wibowo, A. (2017). Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Wiguna, I. B. A. A. (2020). Implementasi Metode Hynoteaching Dalam Meningkatkan Mutu Aktivitas Belajar Siswa Di SMAN 7 Denpasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1204
Wiguna, I. B. A. A. (2021). Pelatihan Dan Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 533. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4434
Wiguna, I. B. A. A., & Andari, I. A. M. Y. (2023). Moderasi Beragama Solusi Hidup Rukun Di Indonesia. Widya Sandhi Jurnal Kajian Agama Sosial Dan Budaya, 14(1), 40–54. https://doi.org/10.53977/ws.v14i1.949
Wiguna, I. B. A. A., & Oka, A. A. G. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Pada Era Distrupsi. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.991
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).