Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen
Abstract
Peningkatan Kemampuan Kognitif dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini melalui Metode Ekaperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen/percobaan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka atau studi literatur. Data penelitian yang telah dilakukan ini berasal dari jurnal online nasional dan internasional yang dipublikasikan menjadi temuan dalam penelitian ini. Untuk melakukan penelitian ini, berbagai buku dan bahan bacaan yang relevan dibaca, diperiksa, dan dibuat catatan. Informasi tersebut kemudian disusun dan diorganisasikan ke dalam kerangka teori. Berdasarkan hasil penelitian metode eksperimental mempunyai manfaat meningkatkan harga diri siswa, mendorong pola pikir ingin tahu, dan menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam dan tahan lama.
References
Andari, I. A. M. Y. (2023). Factors Influence The Acquisition Of Vocabulary By Young Learners. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i2.833
Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). The Acquisition Of English Vocabulary By Kindergarten Students Through Children Songs. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 84-97.
Andari, I. A. M. Y., Utari, N. M. D., Atika, N. M. F., Wardani, N. P. A., & Swarikanti, I. A. P. (2022). Pedampingan Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i2.787
Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.1019
Fidiyani, I. M., Nugraha, A., & Mariyana, R. (2019). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains pada anak. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1).
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 1, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
IAMY Andari, IBAA Wiguna, N. A. (2022). The Use Of Flashcards Teaching Strategy In Recalling English Vocabulary. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 1(1), 4–13.
Kurniawati, R., & Mulyati, M. (n.d.). Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains.
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.
Lestari, N. W. R., & Andari, I. A. M. Y. (2023). Implementasi Pendekatan Seni Kolase Dalam Menstimulasi Keterampilan Abad Ke-21 pada Anak Usia Dini. Widya Sundaram: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.1044
Risnawati, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2.
Risnawati, A. (n.d.). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. 2, 513–515. www.uwlax.edu.
Saifuddin.(2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis.Yogyakarta: Deepublish.
Sit, M., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Science, Techology, Engineering, Arts, and Mathematics pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6813–6826. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3496
Suary, N. P. C. P., Mawarini, N. K. A., Sukerti, I. G. A., Yun, C., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). Praktik Menstimulasi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menempel Dan Menggunting. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 195–205. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i2.803
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kwalitatif, R&D. Bandung: Alfabet.
Sukmadinata, N. s. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Suryameng, S., & Marselina, T. Y. (2019). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Santa Yohana Antida 2 Sintang. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 46-58.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wiguna, I. B. A. A. (2021). Strategi Guru PAUD Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. In Potret Pendidikan Dan Guru Di Masa Pandemi Covid-19 (pp. 122–139). CV. Edu Publisher.
Wiguna, I. B. A. A., Ariyanti, A., Antari, I. A. N. Y. D. A., Yolandita, Y., Dewi, L., & Pujiani, P. (2023). STRATEGI MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i2.839
Wiguna, I. B. A. A., Ekaningtyas, N. L. D., Saridewi, D. P., Wiasti, N. K., Amni, S. S., Yasa, I. M. A., Andari, I. A. M. Y., Atika, N. M. F., & Widari, N. M. S. P. (2023). Integrasi Pembumian Pembelajaran Sains Anak Usia dini dengan Pendekatan STEAM di PAUD Mutiara Hati Rinjani. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i1.963
Wiguna, I. B. A. A., Putriani, N. G. A. N., & Arini, N. M. (2022). STRATEGI PENGEMBAGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM MENGANYAM DENGAN MEDIA ORIGAMI. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1740
Yasa, I. M. A., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–22.
Zahro, J., Atika, I., & Westhisi, A. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).