Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen

  • Hudaifah Hudaifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Esya Anesty Mashudi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Peningkatan Kemampuan Kognitif  dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini melalui Metode Ekaperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen/percobaan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka atau studi literatur. Data penelitian yang telah dilakukan ini berasal dari  jurnal online nasional dan internasional yang dipublikasikan menjadi temuan dalam penelitian ini. Untuk melakukan penelitian ini, berbagai buku dan bahan bacaan yang relevan dibaca, diperiksa, dan dibuat catatan. Informasi tersebut kemudian disusun dan diorganisasikan ke dalam kerangka teori. Berdasarkan hasil penelitian metode eksperimental mempunyai manfaat meningkatkan harga diri siswa, mendorong pola pikir ingin tahu, dan menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam dan tahan lama.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Andari, I. A. M. Y. (2023). Factors Influence The Acquisition Of Vocabulary By Young Learners. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i2.833

Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). The Acquisition Of English Vocabulary By Kindergarten Students Through Children Songs. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 84-97.

Andari, I. A. M. Y., Utari, N. M. D., Atika, N. M. F., Wardani, N. P. A., & Swarikanti, I. A. P. (2022). Pedampingan Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i2.787

Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.1019

Fidiyani, I. M., Nugraha, A., & Mariyana, R. (2019). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains pada anak. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1).

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 1, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

IAMY Andari, IBAA Wiguna, N. A. (2022). The Use Of Flashcards Teaching Strategy In Recalling English Vocabulary. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 1(1), 4–13.

Kurniawati, R., & Mulyati, M. (n.d.). Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains.

Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.

Lestari, N. W. R., & Andari, I. A. M. Y. (2023). Implementasi Pendekatan Seni Kolase Dalam Menstimulasi Keterampilan Abad Ke-21 pada Anak Usia Dini. Widya Sundaram: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.1044

Risnawati, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2.

Risnawati, A. (n.d.). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. 2, 513–515. www.uwlax.edu.

Saifuddin.(2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis.Yogyakarta: Deepublish.

Sit, M., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Science, Techology, Engineering, Arts, and Mathematics pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6813–6826. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3496

Suary, N. P. C. P., Mawarini, N. K. A., Sukerti, I. G. A., Yun, C., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). Praktik Menstimulasi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menempel Dan Menggunting. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 195–205. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i2.803

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kwalitatif, R&D. Bandung: Alfabet.

Sukmadinata, N. s. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Suryameng, S., & Marselina, T. Y. (2019). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Santa Yohana Antida 2 Sintang. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 46-58.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wiguna, I. B. A. A. (2021). Strategi Guru PAUD Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. In Potret Pendidikan Dan Guru Di Masa Pandemi Covid-19 (pp. 122–139). CV. Edu Publisher.

Wiguna, I. B. A. A., Ariyanti, A., Antari, I. A. N. Y. D. A., Yolandita, Y., Dewi, L., & Pujiani, P. (2023). STRATEGI MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i2.839

Wiguna, I. B. A. A., Ekaningtyas, N. L. D., Saridewi, D. P., Wiasti, N. K., Amni, S. S., Yasa, I. M. A., Andari, I. A. M. Y., Atika, N. M. F., & Widari, N. M. S. P. (2023). Integrasi Pembumian Pembelajaran Sains Anak Usia dini dengan Pendekatan STEAM di PAUD Mutiara Hati Rinjani. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i1.963

Wiguna, I. B. A. A., Putriani, N. G. A. N., & Arini, N. M. (2022). STRATEGI PENGEMBAGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DALAM MENGANYAM DENGAN MEDIA ORIGAMI. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1740

Yasa, I. M. A., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–22.

Zahro, J., Atika, I., & Westhisi, A. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121
Published
2024-01-31
How to Cite
Hudaifah, H., & Mashudi, E. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 128-137. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1392
Section
Articles