Transformasi Pendidikan: Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar

  • Lea Sartika Siregar Mahasiswa
  • Esya Anesty Mashudi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Early Childhood Education, Management, Independent Curriculum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menginterpretasikan gambaran perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum merdeka belajar di TK Islam Al Azhar 10 Serang. Perencanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas perencanan program tahunan, program semester, mingguan, dan harian. Dalam pengorganisasian dilakukan melalui pengelompokkan tugas pendidik dan tenaga pendidik, setiap pendidik dan tenaga pendidik memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Pelaksanaan kurikulum dilakukan sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah disusun. Terakhir, evauasi kurikulum dilakukan dua kali dalam setahun yaitu di evaluasi setiap semesternya. Subjek dari penelitian ini adalah Ibu kepala sekolah TK Islam Al Azhar 10 Serang. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara bersama narasumber. Setelah data terkumpulkan maka peneliti akan melakukan analisis deskriptif untuk menghasilkan kesimpulan yang sesuai. Berdasarkan hasil observasi, manajemen kurikulum dijalankan dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum.

References

Adilla, U. (2023). Analisis Konsep Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 10(2), 56-77. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.564

Amelia, V. R., Asbari, M. (2023). Merdeka Belajar: Solusi Awal Transformasi Pendidikan Indonesia?. Journal of Information Systems and Management, 2(5), 62-67.

Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.1019

Anggraeni, Y., dkk. (2021). Kajian Akademik: Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Anwar, R. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Cet I: Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Ashfarina, I. N., Soedjarwo, S., & Wijayati W, D. T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1355-1364. Retrieved from http://mail.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/442

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Peran Kurikulum Akhlak dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam SoU Parung Bogor. Jurnal Tematik, 10(2), 74-80

Kartika, Y. D., Arini, N. M., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Kumaracitta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 27–37.

Kemdikbud. (2021a). Merdeka Belajar Episode 1. Www.Merdekabelajar.Kemdikbud.Go.Id

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. (2020). NOMOR 7L9/P/2020.

Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Belajar Pengembangan, & Pembelajaran. (2022). NOMOR 56/M/2022.

Khoirotun, N. A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Penguatan Profil Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Banyumas (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saiifuddin Zuhri).

Lestari, E. B. D. (2023). Perbandingan Implementasi Pelaksanaan Program Kurikulum Merdeka Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Mardiah, N. (2023). Implemantasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang PAUD. 1–13.

Milles, H. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Nasbi, I. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318-330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Ngasa, G. J., &Wardoyo, D. T. W. (2022). Manajemen Strategi Boarding School Di SMAK Seminari St. Yohanes Paulus li Labuan Bajo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4)

Patria, P. R. E., & Zulkarnaen, Z. (2023). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4199-4208, https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4515

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rambung O. S., Sion., Bungamawelona., dkk. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan(JIP), 1(3), 598-612.

Retnaningsih, L., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143-158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223

Saryono, S. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif DALAM Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Wiguna, I. B. A. A., Ekaningtyas, N. L. D., & Widari, N. M. S. (2023). Pengenalan Aksara Bali Melalui Metode Kolase Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Merdeka Bermain Pada Anak Usia Dini. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2(2), 158–16.

Yasa, I. M. A., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–22.
Published
2024-01-31
How to Cite
Siregar, L., & Mashudi, E. A. (2024). Transformasi Pendidikan: Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 138-152. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1348
Section
Articles