Transformasi Pendidikan: Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menginterpretasikan gambaran perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum merdeka belajar di TK Islam Al Azhar 10 Serang. Perencanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas perencanan program tahunan, program semester, mingguan, dan harian. Dalam pengorganisasian dilakukan melalui pengelompokkan tugas pendidik dan tenaga pendidik, setiap pendidik dan tenaga pendidik memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Pelaksanaan kurikulum dilakukan sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah disusun. Terakhir, evauasi kurikulum dilakukan dua kali dalam setahun yaitu di evaluasi setiap semesternya. Subjek dari penelitian ini adalah Ibu kepala sekolah TK Islam Al Azhar 10 Serang. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara bersama narasumber. Setelah data terkumpulkan maka peneliti akan melakukan analisis deskriptif untuk menghasilkan kesimpulan yang sesuai. Berdasarkan hasil observasi, manajemen kurikulum dijalankan dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum.
References
Amelia, V. R., Asbari, M. (2023). Merdeka Belajar: Solusi Awal Transformasi Pendidikan Indonesia?. Journal of Information Systems and Management, 2(5), 62-67.
Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.1019
Anggraeni, Y., dkk. (2021). Kajian Akademik: Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Anwar, R. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987
Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Cet I: Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Ashfarina, I. N., Soedjarwo, S., & Wijayati W, D. T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1355-1364. Retrieved from http://mail.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/442
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Peran Kurikulum Akhlak dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam SoU Parung Bogor. Jurnal Tematik, 10(2), 74-80
Kartika, Y. D., Arini, N. M., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Kumaracitta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 27–37.
Kemdikbud. (2021a). Merdeka Belajar Episode 1. Www.Merdekabelajar.Kemdikbud.Go.Id
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. (2020). NOMOR 7L9/P/2020.
Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Belajar Pengembangan, & Pembelajaran. (2022). NOMOR 56/M/2022.
Khoirotun, N. A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Penguatan Profil Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Banyumas (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saiifuddin Zuhri).
Lestari, E. B. D. (2023). Perbandingan Implementasi Pelaksanaan Program Kurikulum Merdeka Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Mardiah, N. (2023). Implemantasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang PAUD. 1–13.
Milles, H. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Nasbi, I. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318-330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274
Ngasa, G. J., &Wardoyo, D. T. W. (2022). Manajemen Strategi Boarding School Di SMAK Seminari St. Yohanes Paulus li Labuan Bajo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4)
Patria, P. R. E., & Zulkarnaen, Z. (2023). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4199-4208, https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4515
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rambung O. S., Sion., Bungamawelona., dkk. (2023). Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan(JIP), 1(3), 598-612.
Retnaningsih, L., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143-158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
Saryono, S. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif DALAM Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Wiguna, I. B. A. A., Ekaningtyas, N. L. D., & Widari, N. M. S. (2023). Pengenalan Aksara Bali Melalui Metode Kolase Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Merdeka Bermain Pada Anak Usia Dini. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2(2), 158–16.
Yasa, I. M. A., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–22.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).