PENERAPAN BERMAIN BILANGAN MELALUI APLIKASI EDUGAME MARU USIA 4-5 TAHUN

  • Hudaifah Hudaifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fany Depita Maharani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eyda Rahma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rr. Deni Widjayatri Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Play Numbers, Learning Media, Edu Game Maru

Abstract

The purpose of this study was to determine the application of playing numbers through the EduGame Maru application in early childhood 4-5 years. This study uses a participatory qualitative method using an observation model. This study uses data collected through observations and interviews at Al-Quran Al-Maghfiroh Kindergarten with a total of 3 children. From the results of research, the application of playing numbers through the EduGame Maru application can improve children's ability to mention the sequence of numbers 0-9, children recognize concepts and symbols of numbers 0-9, children are able to recognize number problems 0-9, children are able to compare objects from the most and little, able to match numbers that are missing from the sequence, and children are able to obey the rules of the educational game EduGame Maru.

References

Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2020). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik ( PMR ) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Cacah pada Anak Usia Dini Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1), 326-337.

Annas, A., Suppa, R., & Abduh, H. (2022). Aplikasi pengenalan huruf, angka, buah dan hewan berbasis android (Studi kasus TK Ananda Tenate). Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(1), 1-12.

Aprilia, N., & Rosnelly, R. (2020). Aplikasi media pembelajaran pengenalan angka dan huruf untuk anak usia dini menggunakan augmented reality berbasis android. Jurnal Mahasiswa FTIK, 1(1), 967-979.

Björklund, C. (2015). Pre-primary school teachers’ approaches to mathematics education in Finland. Varhaiskasvatuksen Tiedelehti, Journal of Early Childhood Education Research, 4(2), 69–92.

Desi Safitri1, & Lizza Suzanti, & Rr. Deni Widjayatri. (2022). Persepsi Pendidik PAUD Terhadap Aplikasi EduGame MARU sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh. Journal on Early Childhood, 5(2).

Devit Y. Wurara, & Sherwin R. U. A. Sompie, Sarry D. E. Paturusi, & Henry Valentino F. Kainde. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Game Pembelajaran Dan Simulasi Sistem Bilangan Digital Berbasis Android, Jurnal Teknik Informatika, 13-22

Dora et.al. (2015). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method (Lcm) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global, 6(1), 7–14.

Drajat Stiawan1, & Nur Mustaqimah. (2021). PEMBELAJARAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MATEMATIKA PADA ANAK, Jurnal Pendidikan Matematika.

Suciyati & Masrita. (2019). Kemampuan Siswa Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mengenal Bilangan. Jurnal of Basic Education Research (JBER), 36 ~ 40.

Eva Roliana. (2018). URGENSI PENGENALAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI, Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar (2018).

Freiman, V. (2018). Complex and Open-Ended Tasks to Enrich Mathematical Experiences of Kindergarten Students (pp. 373–404).

Muhammad Akil Musi, & Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK, Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 117-128

Nina Veronica. (2018). PERMAINAN EDUKATIF DAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI, PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini

Purwaningsih, E. (2018). Mengenal warna, angka, huruf dan bentuk pada anak usia dini melalui animasi interaktif. JITK: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 3(2), 203-210.

Rohmalina Rohmalina1, & Ema Aprianti, & Ririn Hunafa Lestari. (2020). Pendekatan Open-Ended dalam Mempengaruhi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2)

Rr. Deni Widjayatri , Lizza Suzanti, Nenden Sundari, Yulianti Fitriani, Rika Ar Nurazka, Firda Rahmadini, Ria Yuliati Ichsan, Nabila Qotrunnida. (2022). EduGame Maru: Application for Early Mathematics Learning as an Alternative for Optimizing Cognitive Ability for 4-6 Years Children, EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1)

Suseni, M., Arini, N. M., & Dewi, N. P. S. (2021). Implementasi metode kolase dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-8.

Wan Chalidaziah. (2018). KONDISI KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK X, Journal of Islamic Early Childhood Education.

Yeni Solfiah, & Hukmi, & Febrialismanto. (2022). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).

Yelmi Isnawanti, & Serli Marlina. (2018). PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KANTONG PINTAR DI TK AL-HIKMAH LUBUK BASUNG, Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 5, No.2 ISSN 2337-8301
Published
2023-01-30
How to Cite
Hudaifah, H., Maharani, F. D., Rahma, E., & Widjayatri, R. D. (2023). PENERAPAN BERMAIN BILANGAN MELALUI APLIKASI EDUGAME MARU USIA 4-5 TAHUN. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 142-152. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i2.741
Section
Articles