Menumbuhkan Sikap Disiplin Anak Melalui Standar Operasional Prosedur
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penyelenggaraan standar operasional prosedur di sekolah Safaraz Islamic Preschool dan melalui standar operasional prosedur mampu menumbuhkan sikap disiplin anak usia dini. Dalam kegiatan observasi peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menemukan hasil bahwasanya sikap disiplin anak akan tumbuh ketika diterapkan sebuah metode pembiasaan sejak anak usia dini. Metode pembiasaan ini bisa disebut sebagai standar operasional prosedur (SOP) yang mana pada standar ini anak diajarkan suatu kebiasaan yang terus menerus diulang sehingga mendapatkan hasil tumbuhnya sikap disiplin yang akan melekat dalam diri anak hingga dewasa. Maka dari itu, melalui hasil penelitian yang di dapatkan peneliti semoga bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan.
References
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.
Haniza, N. ., Nurhasanah, N., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2021). Pengembangan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Kota Mataram Tahun 2021. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(4), 343-348.
Ihsani, N., Kurniah, N., Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3 (2), 105-110. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.105-110
Lina, Suryana, D., & Nurhafizah. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2). hlm. 346-355.
Martsiswati, E., Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187-198
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakary.
Munaamah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimalisasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9 (3), 355-362. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38329
Ningsih, S., Wiyono, B. B., & Atmoko, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Montessori dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian , dan Pengembangan, 6(2), 292-299
Purwaningsih, S. S., Hadiningrum, K., & Sardjito, N. Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Standar Operasional Prosedur Pembelajaran Pos Paud di Cimahi Utara Kota Cimahi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 77-86
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Anak Usia Dini melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 261-275
Putra, P. (2019). Implementasi Sikap Disiplin Anak Di Lembaga Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Dalam Membentuk Pengembangan Moral. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(1), 35–44. https://doi.org/10.32678/primary.v11i01.1293
Sasanti, E. E., Animah, & Suryantara, A. B. (2022). Pelatihan Penyusunan Standar Operasional Prosedur pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1061-1072
Suardi I., W., dkk. (2019). Metode Penelitian Sosial. CV. Adi Karya Mandiri: Yogyakarta.
Sunarti, C., Wiwin, S., & Sumitra, A. (2018). Pembentukan Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini melalui Metode Montessori di TK Almarhamah Cimahi. Jurnal Ceria, 1(2), 47-57
Siti Noor Maulidiya. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Anak Usia Dini di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Al-Ummah Banjarmsin. Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin.
Widiastuti, Ni Putu K. (2022). Instrument Penilaian Pembelajaran & Penelitian. Edited by Kurniawan, Budi, CV WIDINA MEDIA UTAMA.
Wiyani, Ardy, N. (2018). Konsep Manajemen PAUD Berdaya Saing. As- Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 25-44
Wulandari, D. A., Saifuddin, & Muzakki, J. A. (2018). Implementassi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19
Yunus, D., Rahmita, P. S., & Indrati, Y. (Eds.). (2015). Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Senayan, Jakarta Pusat.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).